PSI Yakin Rebut 10 Kursi di DPRD Medan

KANALMEDAN-MEDAN : Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meyakini dapat merebut 10 kursi DPRD Medan pada debut pertamanya dalam Pemilu Tahun 2109.

Hal itu ditandai dengan didaftarkannya para Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari kaum muda, baik di tingkat DPR-RI, DPRD Provinsi Sumatera Utara maupun DPRD kabupaten/kota.

Itu membuat PSI kini menjadi sorotan publik.

Untuk memastikan keikutsertaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, PSI telah memenuhi pendaftaran di KPU pada 17 Juli 2018 di sejumlah daerah.

Untuk Kota Medan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Kota Medan mendaftarkan telah mendaftarkan 50 orang Bacaleg terbaiknya yang telah melalui seleksi administrasi, uji kompetensi dan sosialisasi beberapa waktu yang lalu.

“Pada pendaftaran kemarin, DPD-PSI Kota Medan mengajukan 50 orang DCS (Daftar Caleg Sementara) ke KPU untuk diverifikasi keikutsertaannya. PSI yakin seluruh bacalegnya telah memenuhi administrasi yang ditetapkan KPU,” ujar Ketua DPD-PSI Kota Medan, Muhammad Fahri Riza menjawab kanalmedan.com, Kamis (19/7/2018).

Lebih lanjut dijelaskannya, pada kompetisi Pileg Tahun 2019, khusus di Kota Medan, PSI yakin bakal mendudukan perwakilannya di kursi legislatif.

Bahkan, PSI optimis dapat merebut 10 kursi atau setara dengan 1 fraksi di DPRD Medan.

“Kendati terbilang pemain baru, kita harus optimis. Kita yakin mendapat 1 fraksi atau sebanyak 10 kursi di DPRD Medan dalam pertarungan Pileg 2019,” jelas Fahri.

Selain itu, ditambahkannya, dalam penjaringan Bacaleg, partai yang diketuai Grace Natalie sebagai Ketua Umum PSI Pusat memberlakukan penerimaan Caleg berbasis online dan tanpa mahar.

Oleh karenanya, kesempatan secara terbuka ini menarik perhatian publik khususnya kaum millenial hingga mendaftarkan diri ke PSI untuk bertarung di Pileg 2019.

Salah seorang Bacaleg PSI Tingkat II DPRD Medan, Haslan Madli Tambunan menyatakan siap mewakili suara kaum millenial (generasi muda) di kursi lesgislatif.

Dipilihnya PSI sebagai perahu berpolitik dikarenakan partai baru yang menawarkan penerimaan Bacaleg tanpa mahar.

“Selain tanpa mahar, untuk mewakili PSI di Pileg 2019 tingkat II DPRD Medan, harus melalui berbagai tahap seleksi. Alhamdulillah, lulus dan memenuhi persyaratan maju berkompetisi,” ungkap pria berusia 33 tahun ini.

Haslan yang berprofesi jurnalis, mengaku siap berkompetisi secara sehat di Pileg 2019 dengan partai politik lainnya di Daerah Pemilihan (Dapil) III Kota Medan, meliputi tiga kecamatan, yakni Medan Perjuangan, Medan Timur dan Medan Tembung.

“Kita (PSI) akan berupaya berjuang merebut pasar suara kaum milenial. Kalau tidak sekarang, kapan lagi anak-anak muda bertalenta di Kota Medan bersuara di kursi legislatif,” cetus Haslan yang akrab disapa Ucup ini. (ril/siahaan)

Print Friendly