GOR UNPRI Diresmikan, Walikota Buka Kompetisi Basket Liga Mahasiswa

KANALMEDAN-MEDAN : Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin MSi  membuka kompetisi bola basket Liga Mahasiswa (LIMA) Tahun 2018.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di jajaran Pemerintahan Kota (Pemko) Medan ini sekaligus meresmikan Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Prima Indonesia (UNPRI), Jalan Danau Singkarak Gang Madrasah, Kecamatan Medan Barat.

Kegiatan dihadiri Pendiri UNPRI Dr. dr. Inyoman EL, M. Kes AIFM, Ketua BPH Dr Tommy Leonard SH MKn,

Rektor UNPRI Dr Crismis Novalinda Ginting SSit MKes, perwakilan Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sumatera Utara (Sumut), Wakil Ketua Umum I, Iwan Hartono Alam, General Manager Liga Mahasiswa Rida Ahmad, Kabag Tapem Setda kota Medan, Camat Medan Barat, Wakil Rektor (WR) I Seno Aji SPd MEng Prac, WR II Dr Ermi Girsang SKM MKes, WR III Said Rizal SHI MA, WR IV dr Alinapiah Nasution MKT serta seluruh peserta dan undangan.

Dikatakan Walikota, peresmian GOR Basket UNPRI ini merupakan komitmen UNPRI untuk turut menciptakan generasi muda yang unggul secara akademis dan juga unggul dalam hal fisik.

“Kita berharap GOR Basket UNPRI ini akan mampu menghasilkan insan-insan akademis berwawasan ilmu pengetahuan luas, yang didukung tubuh yang sehat dan kuat,” katanya.

Kepada para peserta turnamen, Walikota mengimbau, dalam sebuah turnamen kalah menang itu hal yang biasa, tapi jangan biasakan kalah.

Kalah menang harus tetap mampu bersikap sportif junjung tinggi fairplay dalam setiap pertandingan.

“Jangan demi meraih kemenangan menghalalkan segala cara yang tidak fair. Semoga tim terbaik akan mampu menjadi pemenang turnamen kali ini,” imbaunya.

Pada kesempatan yang sama juga, Walikota mengatakan, Pemko Medan mengapresiasi dan berterima kasih kepada UNPRI, karena telah menghadirkan gedung olahraga yang sangat representatif.

Walikota juga menilai, keberadaan GOR UNPRI tersebut turut berperan dalam upaya mewujudkan Medan sebagai kota atlet.

Untuk itu, Eldin berharap, GOR yang baru diresmikan itu dapat dimanfaatkan seluas-luasnya guna mendukung perkembangan olahraga dan program pembinaan atlet, baik bagi kalangan pelajar maupun mahasiswa dan masyarakat umum.

Disebutkan walikota, perwujudan kota Medan sebagai kota atlet tentunya tidak terlepas dari gerakan memasyarakatkan olahraga itu sendiri.

Artinya, tekad menjadikan Medan sebagai kota atlet tidak hanya sebatas sebagai basis atlet, melainkan menjadikan seluruh warga Medan rajin berolahraga dan mencintai olahraga.

Walikota menginginkan seluruh warga Medan memiliki prinsip yang sama agar dapat terus berkontribusi terhadap pembangunan kota Medan.

Sementara itu, General Manager Liga Mahasiswa Rida Ahmad mengatakan, kompetisi bola basket tersebut digelar LIMA Sports Training and Workshop bekerja sama dengan Go-Jek dan UNPRI pada 6-13 Juli 2018.

Disebutkannya, Kompetisi bola basket antar perguruan tinggi ini adalah yang kedua kalinya digelar di Medan.

Sebelumnya, Rektor UNPRI Dr Crismis NovalindaGinting SSit MKes, dalam sambutannya berharap olahraga, khususnya basket, bisa berkibar di Sumut, khususnya Medan.

Rektor juga berkeinginan agar kerja sama dengan LIMA bisa berlanjut.

Menurutnya, GOR Basket UNPRI ini akan khusus diperuntukkan bagi pengembangan olah raga.

“Di sini  juga kita akan menggelar pengembangan olah raga basket bagi mahasiswa, sebagai persiapan untuk berlaga di berbagai ajang. Dengan adanya GOR Basket ini, kita harapkan prestasi olah raga di kampus UNPRI ini bisa semakin meningkat,” harapnya.

Terpisah, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn kepada wartawan, Minggu (8/7/2018), mengatakan, GOR Basket UNPRI yang baru diresmikan ini digunakan sebagai pusat kegiatan olahraga mahasiswa.

Menurut Tommy Leonard, untuk melahirkan  tim basket yang berprestasi, UNPRI menggiatkan latihan bagi pemain basket.

Dan, untuk menjadi seorang pemain basket profesional mereka harus fokus.

Tidak hanya itu, agar bisa menang, sebuah tim basket harus memiliki teamwork yang baik.

Artinya, sehebat apapun bakat yang dimiliki masing-masing anggota, jika tidak ditunjang oleh kerjasama maka semuanya akan percuma.

Untuk membantu  mahasiswa  menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, kata tokoh pendidikan ini, UNPRI telah  menyediakan wadah bagi mahasiswa dengan menyediakan fasilitas GOR Basket.

Sebagaimana yang diketahui, kompetisi tersebut diikuti tujuh tim basket putra dan tujuh perguruan tinggi di Sumut, yakni Universitas Pelita Harapan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Eka Prasetya dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Selanjutnya, STMIK Time, Universitas Islam Negeri Suska Riau, Perguruan Tinggi Cendana dan tuan rumah UNPRI Medan. (Siahaan)

Print Friendly