Wali Kota Tinjau Sejumlah TPS

KANALMEDAN – Usai melakukan pencoblosan di TPS 36 Komplek Citra Wisata Jalan Karya Wisata kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung meninjau sejumnlah TPS di Kota Medan, Rabu (27/6). Peninjauan ini dilakukan untuk melihat sekaligus memastikan pelaksanaan  pesta demokrasi pemilihan Gubsu dan Wagubsu periode 2018-2023 di Kota Medan berjalan dengan aman dan lancar.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dandang Hartanto, Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah beserta sejumlah pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan turut mendampingi Wali Kota dalam peninjauan  tersebut. Peninjauan dilakukan dengan menggunakan bus milik Pemko Medan  sekitar pukul 11.00 WIB.

Yang pertama kali ditinjau Wali kota beserta rombongan TPS XII di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun. Di tempat tersebut tercatat 501  orang pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT)  untuk menggunakan suaranya. Antusiasme masyarakat yang ingin mencoblos cukup tinggi, mereka tengah menunggu giliran untuk mencoblos ketika Wali Kota beserta rombongan tiba.

TPS XII terbilang menarik, selain menggunakan kain batik panjang sebagai penghias sekeliling tenda layaknya tirai jendela sekaligus penghalang panas sinar matahari, para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengenakan aneka pakaian daerah. Dengan ramah, mereka pun mempersilahkan setiap warga yang datang untuk melakukan pencoblosan.

Berdasarkan laporan seorang petugas KPPS kepada Wali kota, jumlah warga yang sudah menggunakan hak pilihnya mencapai 211 orang pemilih. Mereka pun optimis, jumlah itu akan bertambah lagi karena batas akhir pencoblosan hingga pukul 13.00 WIB, termasuk warga yang tidak memiliki formulir C6 namun memiliki E-KTP.

Wali Kota pun sangat mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat untuk melakukan pencoblosan Pilgubsu 2018 di TPS XII.  Guna menambah jumlah warga yang datang bertambah lagi, Wali Kota pun menginstruksikan kepada Camat Medan Maimun dan Lurah Sei Mati untuk menghimbau kembali warga agar menggunakan hak pilihnya.

“Kita sudah instruksikan camat dan lurah agar kembali mengajak masyarakat mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Sebab, waktu pecoblosan berakhir hingga pukul 13.00 WIB sehingga masih ada waktu bagi warga yang belum memilih untuk datang memilih paslon Gubsu dan Wagubsu pilihannya,” kata Wali Kota.

Setelah itu Wali Kota berserta rombongan meneruskan peninjauan di Jalan Taruma, Kelurahan Petisah tengah, Kecamatan Medan Petisah. Di kawasan itu ada 4 TPS yang ditinjau yakni TPS I, II, III dan V. Di TPS I, jumlah pemilih mencapai 613 orang, TPS II 663 orang, TPS III 394 orang dan TPS V 273 orang.

Selain anggota KPPS, kedatangan Wali kota beserta rombongan juga disambut Komisioner KPU Pusat Evi Novinda Ginting, Ketua KPU Kota Medan Herdensi Adnin serta  anggota Panwas. Mereka selanjutnya mendampingi Wali Kota beserta rombongan dengan berjalan kaki meninjau satu persatu TPS.

Berdasarkan pantauan, sejumlah warga  tampak sedang duduk dengan sabar menunggu giliran untuk mencoblos  setelah menyerahkan formlir C6 kepada petugas KPPS.  Begitu giliran tiba, mereka pun dengan tertib memasuki bilik suara untuk mencoblos  paslon yang sesuai dengan hati dan pilihannya masing-masing.

Berdasarkan peninjauan yang dilakukan dari sejumlah TPS tersebut, Wali Kota mengatakan pelaksanaan Pilgubsu 2018 di Kota Medan berjalan dengan aman dan lancar. “Alhamdulillah, berkat dukungan kita semua pelaksanan Pilgubsu 2018 sejauh ini di Kota Medan tercinta berjalan dengan aman dan lancar. Siapapun yang nantinya keluar sebagai pemenang harus harus kita dukung bersama,” pungkasnya. (partono)

 

 

Print Friendly