Menko Perekonomian Saksikan Penandatangan MoU Pemko Medan & Pemkab Madina

Hasil gambar untuk MoU Pemkab MadinaKANALMEDAN – Pemko Medan dan Pemkab Mandailing Natal (Madina) melakukan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kerjasama Jaringan Lintas Perkotaan yang dilakukan di lokasi Partapakan Rumah Sakit Komplek Perkantoran Bupati Madina,  Desa Perbangunan, Kecamatan Penyabungan Kota,  Kabupaten Madina, Jumat (11/5) malam.

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemko Medan dengan Pemkab Madina itu dilakukan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution, disaksikan langsung Menko Perekonomian Republik Indonesia DR H Darmin Nasution MSi .

Dikatakan Wali Kota, penandatanganan MoU dilakukan sebagai langkah strategis dalam hubungan antar Pemko Medan demgan Pemkab Madina.      “MoU ini bisa kita jadikan sebagai dasar untuk melaksanakan berbagai bentuk kerjasama daerah dalam rangka menciptakan harmonisasi pengelolaan berbagai program pembangunan antar kedua wilayah, ” kata Wali Kota.

Selain itu jelas Wali Kota, MoU juga bisa dijadikan sebagai landasan pemanfaatan dan pengembangan potensi yang memiliki keterkaitan dan saling membutuhkan,  sebab secara geografis Kota Medan dan Madina masih berada di wilayah Provinsi Sumut.

Adapun objek dan ruang lingkup kerjasama dalam nota kesepakatan yang ditandatangani itu,  jelas Wali Kota,  meliputi bidang budaya,  pariwisata,  informasi teknologi dan bidang pengembangan UMKM.  “Saya pikir bidang-bidang ini cukup komprehensif untuk dilakukan kedua wilayah, ” jelasnya.

Wali Kota selanjutnya mengungkapkan, jika program ini bisa dilakaanakan dengan baik dan berkesinambungan, dia optimis tujuan yang ingin dicapai yakni meningkatkan kualitas pemerintahan,  pembangunan,  perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Kota Medan dan Madina dapat terwujud dengan hasil gemilang.

Usai penandatanganan MoU,  Wali Kota kemudian berharap agar MoU bisa dimanfaatkan menjadi landasan kedua wilayah untuk saling tolong menolong dalam membantu mengembangkan berbagai potensi sumber daya alam dan SDM yang dimiliki masing-masing wilayah.

“Dengan kerjasama yang dilakukan ini,  insha Allah kita mampu melaksanakan berbagai program secara optimal serya saling memberikan masukan yang berguna bagi kedua wilayah, “harapnya.

Penandatanganan Mou antara Pemko Medan dengan Pemkab Madina turut dihadiri  Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution, Ketua DPRD Madina Hj Leli Hartati SAg, Ketua TP PKK Pemkab Madina Ny Ika Desika Dahlan Hasan, Sekda Madina Drs M Syafei Lubis, unsur Forkopimda Pemkab Madina, tokoh masyarakat seperti Komjen (Purn) Saud Usman Nasution,  Drs H Abdillah AK dan Drs  H Afifuddin Lubis serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan.

Selain penandatanganan MoU,  juga dilakukan pertukaran gelar kesenian antara Pemko Medan dan Pemkab Madina. Pertukaran gelar kesenian ini diwujudkan dengan menggelar pertunjukan seni dan tarian. Baik Kota Medan dan Pemkab Madina menampilkan seni dan tarian daerahnya seperti Tarian Zapin Batik Medan,  Selapan dan Tortor Nauli.

Di sela-sela acara, Wali Kota bersama Wakil Wali Kota memberikan tengkulok (topi khas melayu)  dan Songket Medan serta langsung memakaikannya kepada Menko Perekonomian DR H Darmin Nasution MSi sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan atas kehadiran sekaligus menyaksikan  penandatanganan MoU serta pertukaran gelar kesenian.

Menko Perekonomian DR Darmin Nasution MSi mengucapkan terima kasih atas cindera mata yang diberikan Wali Kota Medan tersebut. Selanjutnya, Darmin berharap dengan penandatanganan MoU yang dilakukan Pemko Medan dengan Pemkab Madina akan semakin mempererat hubungn kedua daerah.

“Kegiatan yang dilakukan malam ini menunjukkan keakraban kedua wilayah. Di samping itu pertukaran kesenian menjadi jembatan kedua masyarakat untuk saling berkomunikasi lebih intens pada masa mendatang.  Semoga kerjasma ini akan mendatangkan kebaikan bagi masyarakat dari kedua wilayah (Medan dan Madina),” harap Darmin.

Sedangkan Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution berharap, penandatanganan MoU yang dilakukan Pemkab Madina dan Pemko Natal dapat membawa kebaikan bagi kedua wilayah, terutama dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Untuk itu kerjasama ini akan kita lakukan secara optimal,” jelas Dahlan.

Selama berada di Madina, Wali Kota yang hadir bersama Wakil Wali Kota beserta sejumlah pimpinan OPD menggunakan kesempatan itu untuk menziarahi makam leluhurnya di Perkuburan Muslim Desa Ampu Sialang, Kecamatan Batang Natal. Leluhur Wali Kota, Raja Lelo Manis Lubis merupakan pendiri Desa Ampu Sialang tersebut.

Selesai berziarah, Wali Kota selanjutnya memberikan santunan kepada 15 anak yatim warga setempat. Di samping itu juga Wali Kota memberikan 200 potong kain sarung  kepada warga kurang mampu disaksikan Kepala Desa Ampu Sialang Arfan Yusri Nasution. (partono)

 

Print Friendly