Paslon Tulus-Faja’aro Menangkan Pesta Demokrasi di KMN UPMI

niasKANALMEDAN – MEDAN : Pemilihan Badan Pengurus Harian (BPH) Kesatuan Mahasiswa Nias (KMN) UPMI Medan periode 2018 – 2019 berlangsung tertib dan lancar.

Pemilihan diikuti 2 Pasangan Calon (Paslon) yakni pasangan nomor urut 1, Ketua Tulus Hia, Wakil Ketua Faja’aro Lafau dan pasangan nomor urut 2, Ketua Yulisman Gulo, Wakil Ketua Syukurman Zega berlangsung di Kampus II, Jalan Balai Desa,  Amplas dan Aula Kampus III UPMI , Jalan Teladan, Medan, Rabu, (18/04/2018).

Sebanyak 232 dari 350 Mahasiswa asal Nias yang menimba ilmu di UPMI Medan dan terdaftar sebagai anggota KMN Komisariat UPMI Medan berpatisipasi menggunakan hak suaranya.

Dari Rekapitulasi hasil pemungutan suara, paslon nomor urut 1 meraih 127 suara sedangkan nomor urut 2 meraih 104 suara dan 1 surat suara dinyatakan batal.

Ketua Panitia, Linda Yanti Hulu kepada wartawan menjelaskan bahwa proses pemilihan dibagi dalam 2 sesi yakni sesi pertama pada pagi hari dimulai pukul 10.00 – 13.000 WIB bertempat di Kampus II UPMI Medan, Jalan Balai Desa, Amplas  dan Sesi kedua pada sore hari dimulai pukul 16.00 – 19.00 WIB bertempat di Aula Kampus III UPMI, Jalan Teladan Medan.

“Agar semua Mahasiswa asal Nias dapat menggunakan hak pilihnya maka waktu pelaksanaan pemilihan disesuaikan dengan jadwal masuk kuliah yaitu pagi dan sore hari,” kata Linda.

Selain itu, dijelaskannya, tahapan penyelenggaran pemilihan BPH KMN UPMI Medan kali ini terasa unik karena menyerupai tahapan pemilihan Kepala Daerah.

Tahapan dimulai dengan pendaftaran bakal calon diikuti kemudian dengan seleksi administrasi. Selanjutnya,  bakal pasangan Calon yang lulus seleksi administrasi dikukuhkan sebagai paslon dan diberi waktu untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh anggota KMN UPMI.

Paslon juga melakukan debat terbuka sekaligus memaparkan visi misinya kepada seluruh anggota KMN yang hadir.

Debat kandidat dilakukan sebanyak dua kali yakni tanggal  3 April 2018 di Kampus II UPMI, Jalan Balai Desa, Amplas dan tanggal 12 April 2018 di Aula Kampus III UPMI , Jalan Teladan Medan.

“Proses pemilihan mengadopsi sistem pemilihan kepala daerah. Mulai dari pendaftaran sampai proses pencoblosan,” ungkap Linda.

Pantauan dilokasi pencoblosan, terlihat setiap mahasiswa asal Nias yang menjadi anggota KMN UPMI Medan melakukan pencoblosan di bilik suara yang telah disediakan.

Lembar suara berisi gambar 2 Paslon yang telah dicoblos dimasukkan dalam kotak suara.

Untuk menghindari terjadinya pencoblosan ganda, maka setiap mahasiswa yang telah melakukan pencoblosan mencelupkan jarinya di tinta yang telah disedikan panitia.

Proses pemilihan ini dihadiri Penasehat KMN UPMI Medan di antaranya H. Ahmad Nasir Hia, SH, M. Hum, Zaman K. Mendrofa, SH, MH, Fasa’aro Zalukhu, SH, Filemo Daely, SH, Pengalaman La’ia, SH serta BPO dan Senior KMN UPMI Medan.

Penasehat KMN UPMI Medan Zaman K. Mendrofa, SH, MH mengaku sangat bangga melihat kekompakan dan kemajuan yang dicapai KMN UPMI.

Dirinya juga mengapresiasi kinerja BPH KMN UPMI Demisioner (2017-2018) yang menurutnya telah melakukan banyak terobosan dan meletakan pondasi kuat dan standar tinggi bagi BPH KMN UPMI mendatang. (Jen)

Print Friendly