Pemko Medan Berencana Gelar Uji Kompetensi

KANALMEDAN – Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) berencana akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bekerjasama dengan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia. Demikian disampaikan Wali kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kabag Humas Pemko Medan Ridho Nasution yang hadir dalam acara pembukaan Rapat Akbar Wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan di Ruang Rapat IV Balai Kota Medan, Kamis (12/4/2018).

“UKW ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan SDM sekaligus menjadikan wartawan semakin profesional,” pungkasnya.

Selanjutnya mantan Camat Medan Barat itu pun berpesan, pasca rapat akbar ini digelar, para wartawan pun disarankan untuk membuat AD/ART sehingga jalannya roda organisasi lebih jelas dan terarah.

“Apabila roda organisasi berjalan dengan baik dan terarah, insya Allah para wartawan akan merasakan manfaatnya. Oleh karenanya saya berharap rapat akbar ini menjadi momen bagi sleuruh wartawan yang ada di lingkungan Pemko Medan untuk bersatu,” harap Ridho.

TERIMAKASIH

Dalam kesempatan itu, di hadapan 100 wartawan yang hadir, Ridho menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan. Selain telah menjalankan fungsinya sebagai social kontrol di tengah masyarakat, Ridho menilai, para wartawan pun selama ini banyak sekali mempublikasikan berita-berita pembangunan maupun kebijakan yang dilakukan Wali Kota.

Sebelumnya, Wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan menggelar rapat akbar di Ruang Rapat IV Balai Kota Medan, Kamis (12/4/2018). Rapat akbar digelar dalam rangka mempererat tali silaturahmi sekaligus mempersatukan seluruh jurnalis yang ada.

Kegiatan itu dilatarbelakangi atas kepemimpinan kordinator wartawan Pemko Medan yang kurang mengakomodir aspirasi wartawan sehingga muncul tiga kelompok unit wartawan di lingkungan Pemko Medan.

Sebelum rapat akbar dimulai, para wartawan pun telah sepakat untuk bersatu dan menyatukan persepsi sekaligus bulat mengakui hanya ada satu kelompok wartawan di lingkungan Pemko Medan. Untuk itulah seluruh wartawan yang bertugas mencari berita di jajaran Pemko Medan diundang agar menghadiri rapat tersebut.

Sedikit ada riak dalam rapat akbar, beberapa wartawan menginginkan agar dilakukan dikocok ulang untuk memilih kembali Ketua Koordinator Unit Pemko Medan. Namun sebagian besar wartawan menolak keinginan tersebut. Mereka sepakat Ketua Koordinator Unit Pemko Medan tetap dijabat Muhammad Edison Ginting. Akhirnya rapat akbar pun sepakat memutuskan Ginting tetap menjadi Ketua Wartawan Unit Pemko Medan hingga berakhir masa jabatannya Februari 2019.

Meski demikian hasil rapat juga menyarankan kepada Ginting untuk merombak ‘kabinet’ yang telah dibentuk sebelumnya. Usulan itu langsung diamini, Ginting pun berjanji segera membentuk ‘kabinet’ baru.

“Secepatnya saya akan mengumumkan kepengurusan yang baru. Insha Allah kepengurudsan nanti merupakan aspirasi dari semua teman-teman wartawan. Untuk itu saya minta dukungan teman-teman, mari kita bersama-sama memajukan organisasi ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” pungkas Ginting. (rel-partonobudy)

Print Friendly