Masyarakat Minta Menag Defenitipkan  Kepala Kanwil Sumut

KANALMEDAN- Puluhan massa tergabung dalam wadah Gerakan Peduli Daerah Sumatera Utara Indonesia, berunjukrasa ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Jl Gatot Subroto Medan, Kamis (1/3).

Kedatangan massa ke Kanwil Kemenagsu  untuk menyampaikan aspirasi dan keperihatian atas sikap Menteri Agama yang sampai saat ini masih membiarkan Jabatan Kakanwil Kemenagsu  dijabat Pelaksana tugas(Plt) padahal Kakanwil lama Tohar Bayoangin sudah beberapa bulan diganti. Bahkan Tohar sendiri sudah dua kali dilantik.

Dalam orasinya, pengunjukrasa menilai dan menduga,  Menteri Agama   sengaja  mempertahankan Plt tanpa alasan yang jelas.Hal ini kata kordinator aksi Muda Risky S, akan menimbulkan keresahan  dan merugikan  kalangan ASN Sumut karena tidak bisa mengurus kenaikan pangkat.

Kalaupun bisa harus menempuh birokrasi panjang yaitu urusannya  ke Kemenag Pusat. Dalam pernnyataan sikapnya, massa gerakan peduli daerah Sumatera Utara meminta pada Menteri Agama RI agar segera mendefenitipkan Kepala kanwil Kemenag Sumut siapapun orangnya.

Massa juga minta pada Menteri Agama agar lebih mementingkan keutuhan lembaga daripada bisikan-bisikan dari oknum yang ingin menunjukkan dirinya sebagai penguasa Kanwil Kemenag Sumut.

“Kami menduga ada politisasi dari salah satu oknum  DPR RI terkait pengangkatan Kanwil Kemenag Sumut” teriak massa.

Dalam pernyataan sikap yang diteken ketum Muhammad Arifin, dan Korlap Carten Pohan, juga menyebutkan bahwa dalam pengangkatan KaKUA di Kemenag Deli Serdang diduga ada pungutan liar.

Pengunjuk rasa diterima Kasubbag Humas  Purba Pohan dan berjanji akan menyampaikan aspirasi dan tuntutan pengunjukrasa tersebut  pada pimpinannya yang saat itu tidak ada di tempat. Selanjutnya pengunjukrasa membubarkan diri. Sekedar mengingat, paska dilantiknya Kakanwil lama  Tohar Bayoangin menjadi kabiro UIN Padangsidimpuan beberapa bulan lalu, jabatan Kakanwil Kemenag Sumut di percayakan pada Plt Darmansa yang saat ini sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat. (Sor)

Print Friendly