Plt KaKemenag Sumut Serahkan Naskah Soal USBN

KANALMEDAN – MEDAN : Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Drs H Tengku Darmansah MA didampingi Kabid Pakis Drs H Burhanuddin Damanik MA, serahkan naskah soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) pada ketua ujian nasional Provsu Agus Sinaga dan pada kasi Pakis Kemenag Kab/kota se Sumatera Utara di Hotel Putra Mulia, Senin (26/2/2018).

Acara penyerahan naskah soal USBN tersebut dirangkai dengan Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam. Ketua Ujian Nasional Provinsi Sumatera Utara, Agus Sinaga, memberi apresiasi pada tim penyusun naskah soal UASBN kemenag  atas kinerjanya menyelesaikan tugas tepat waktu.

Menurutnya, penyusunan naskah soal UASBN Kemenag termasuk cepat dibanding tim penyusun naskah  di Diknas Provsu yang saat ini masih bekerja.

“Saya memberi apresiasi pada tim penyusun naskah soal UASBN kemenag Sumut yang telah menyelesaikan tugasnya tepat waktu,” kata sinaga.

Sementara itu, Plt Kakanwil Kemenag Sumut Drs H Tengku Darmansah  mengatakan, naskah soal UASBN ( Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional) tersebut  di kerjakan dan disusun   tim sembilan yang dipimpin oleh ketua ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI)   Erwin Swasti MPdI.

Jumlah naskah terdiri dari  tiga paket setiap jenjang  yaitu jenjang SD, SMP dan SMA (memakai kurikulum 2013 dan KTSP) naskah soal tersebut  didominasi KTSP.

Tim sembilan terdiri dari guru- guru  PAI yang juga sebagai pengurus KKG PAI dan MGMP PAI. Naskah soal ujian sebanyak 45 soal terdiri dari 40  pilihan ganda dan 5 soal  essay.

Soal dikerjakan oleh pusat  25 persen dan  75 persen soal dikonstruksi Provinsi berdasarkan pada kisi -kisi Pusat.

Sementara itu Ketua Panitia rakoor, Budi Winarko SH mengatakan, rakoor bertujuan sharing informasi terkait permasalahan kebijakan pendidikan agama  dan keagamaan islam, terciptanya sinkronisasi program kerja dan anggaran  pusat, provinsi dan kab/kota serta menjadikan data pendidikan  islam sebagai data yang akurat , ril dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hadir dalam rakoor dan penyerahan naskah soal UASBN tersebut, Kabid Penmad H Burhanuddin Damanik, kasi PAI tingkat dasar , Syafrida, kasi PAI tingkat menengah Wan Khairunnisah. (Sormin)

Print Friendly