Talkshow di Radio, Ijeck Beberkan Visi Sumut Bermartabat

 

KANALMEDAN _ MEDAN : Radio MNC Trijaya FM Medan menghadirkan Calon Wagubsu nomor urut 1, H Musa Rajekshah dalam  talkshow seri Pentas Pilkada, Senin (26/2018) mengetengahkan tema Menelaah Visi Misi Cagub-Cawagubsu.

Penyiar senior Iskandar Prapanca yang memandu program tersebut lebih banyak menyinggung makna Sumut Bermartabat kepada Musa Rajekshah.

“Bermartabat itu kan artinya kita punya harga diri. Harga diri Sumut harus dimulai dari rasa aman warganya, sejahtera hingga prestasi. Dan ini sesuai dengan visi Sumut Bermatabat,” urai Musa Rajekshah mengawali talkshow.

Pria yang akrab disapa Ijeck tersebut menggarisbawahi, visi Sumut Bermartabat dibagi dalam lima poin.

Yakni mengurangi angka pengangguran, memperbaiki dan perbaikan kualitas infrastruktur, sistem pendidikan yang cerdas, layanan kesehatan yang berkualitas dan peningkatan daya saing masyarakat seperti kedaulatan pangan.

“Banyak harapan masyarakat soal lapangan kerja. Untuk itu pentingnya membentuk balai latihan kerja, prgram magang pekerja usia muda, meningkatkan entrepeneur, pengusaha muda. Tentu memerlukan bantuan modal yang akan kita siapkan,” papar Ijeck.

Ijeck menandaskan diperlukan kerjasama lintas pihak terutama perguruan tinggi.

“Ini penting mengingat peran perguruan tinggi dalam mengurangi angka pengangguran,” tandasnya.

Begitu juga soal infrastruktur. Saat ini kondisi infrastruktur di Sumut banyak dikeluhkan.

“Infrastruktur jalan misalnya. Ini berdampak pada ekonomi publik. Misalnya buruknya jalan bisa menghambat warga dalam berdagang,” beber  Ijeck.

Khusus buruknya jalan yang berstatus jalan nasional, Ijeck menggarisbawahi perlunya lobi dan komunikasi intens dengan pemerintah pusat.

“Masyarakat jangan dicekoki lagi dengan statemen bahwa jalan nasional bukan tanggungjawab provinsi. Jangan. Apa gunanya ada pemerintah. Yang dibutuhkan masyarakat itu adalah infrastruktur yang layak, bukan alasan-alasan. Di sinilah peran provinsi berkomunikasi dengan pusat,” imbuh Ijeck.

Dalam dialog on air, sejumlah penelepon menyampaikan harapan dan curhatnya kepada Ijeck.

Di antaranya soal pertanian, birokrasi, perbaikan pelayanan kepada masyarakat, pemberantasan narkoba hingga program perumahan rakyat DP nol rupiah. (ril)

Print Friendly