Plt Kakanwil Kemenagsu: Opini WTP Harga Mati

KANALMEDAN- Plt Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs.H. Tengku Darmansah, MA menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran dalam rangka meningkatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI pada Laporan Keuangan Kementerian Agama.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara Rapat Koordinasi Perencanaan dan Anggaran Program (Instruksi Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2017) di Hotel Soechi Novotel International Medan, Rabu (14 /2/2018).

Plt Kakanwil juga meminta jajarannya untuk meningkatkan koordinasi dan konsultasi baik secara internal maupun dengan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan anggaran yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Seluruh satuan kerja harus membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan  yang akan dilaksanakan pada tahun berjalan sebaik mungkin agar Kementerian Agama kembali meraih opini WTP,” tegasnya.

Darmansah juga menegaskan agar jajarannya mengoptimalkan pemanfaatan anggaran untuk program yang berdampak langsung pada masyarakat, seperti pembiayaan pendidikan, bantuan penyediaan sarana ibadah, pelayanan keagamaan, serta pemeliharaan kerukunan umat beragama.

Plt Kakanwil juga mengimbau agar seluruh satker menyelesaikan seluruh temuan hasil pemeriksaan BPK-RI, BPKP, dan Inspektorat Jenderal sesuai dengan rekomendasi dan hindari kesalahan yang sama agar tidak berulang pada tahun 2018.

“Pelaksanaan DIPA Kementerian Agama tahun 2018 agar didasari lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu: Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan,” ungkapnya.

Dia kembali mengingatkan agar pelaksanaan anggaran harus tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna.

Plt Kakanwil kembali menegaskan tahun ini Kanwil  Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara harus sudah membuat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). “Walaupun anggarannya tidak ada dalam DIPA, kita akan melakukan revisi agar PTSP tahun ini dapat terwujud untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya. (Sor)

Print Friendly