Peringati HAB, DWP Kanwil Kemenagsu Donor Darah

DWP1

DWP1KANALMEDAN-Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI ke 72, Darma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan menggelar Aksi Donor Darah di Halaman Kanwil Kemenag Sumut, Rabu ( 3/1/2018).

Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumut  Nasrillah Tengku Darmansah mengatakan, donor darah  dilaksanakan selain untuk memeriahkan HAB Kemenag RI ke 72 juga  kepentingan kemanusiaan dan sebagai bentuk kepedulian bagi sesama. “Diharapkan melalui Aksi Donor Darah kita telah peduli pada  orang yang  membutuhkan,” ungkapnya.

Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumut menyampaikan, selain dapat membantu mereka yang membutuhkan darah, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sementara itu Kasi Pelayanan Medis PMI Kota Medan Dr. Eka Ritonga mengatakan, banyak manfaat yang didapatkan dengan melakukan donor darah, di antaranya memperlancar peredaran darah serta mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi. “Dahulu donor darah dilakukan tiga bulan sekali, namun kini interval donor darah bisa dilakukan dua bulan sekali,” ungkapnya.

Menurutnya, donor dapat menjaga sirkulasi darah, sekaligus mengetahui tekanan darah yang normal dan tidak normal. Bagi mereka yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru. (Sor)

Print Friendly

About The Author

Related posts