Antisipasi Penyumbatan Dinas PU Normalisasi Sungai Bekala

sungai=dibersihkanKANALMEDAN – Selain  fokus memperbaiki  infrastruktur  baik jalan maupun drainase, Dinas Pekerjaan Umum (PU) pun tidak tutup mata dengan sungai yang tersumbat akibat  terhalang batang pohon tumbang maupun semak belukar yang tumbuh di pinggiran sungai.

Kamis (12/10/2017), puluhan petugas Dinas PU kerahkan untuk  melakukan normalisasi Sungai Bekala di Jalan Kapten Purba, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan.

Menurut Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan, normalisasi ini dilakukan  persis di seputaran jembatan.  Batang pohon yang tumbang  menghalangi aliran air sungai. Kondisi ini diperparah lagi dengan semak yang tumbuh di pinggiran sungai. Jika dibiarkan lama, Syahnan yakin akan berakibat fatal.

“Saat ini  musim penghujan, curah hujan pun sangat tinggi dan turun kapan saja. Untuk itu batang pohon tumbang maupun semak yang menghalangi air mengalir harus segera disingkirkan. Jika tidak, saya khawatir akan menyebabkan  penyumbatan sehingga mengakibatkan banjir,” kata Syahnan.

Berdasarkan amatan dari lokasi, bantang pohon yang tumbang melintangi   sungai.  Selain menghalangi kelancaran arus air, batang dan ranting pohon menyebabkan sampah-sampah yang berbawa arus sungai  pun bersangkutan.  Lama kelamaan dapat menyebabkan aliran sungai pun terbendung.

“Tidak terhalang batang pohon tumbang ini saja, kawasan ini rentan banjir  karena Sungai Bekala telah mengalami pendangkalan dan penyempitan. Untuk itulah kita hari ini melakukan normalisasi guna meminimalisir terjadinya banjir,” jelasnya.

Untuk itulah Syahnan menurunkan puluhan pekerjanya  guna menyingkirkan batang pohon tumbang yang melintangi sungai tersebut, termasuk membersihkan semak belukar di pinggiran sungai. “Semoga dengan normalisasi yang kita lakukan ini, arus sungai kembali lancar mengalir,” harapnya.

Selanjutnya Syahnan mengungkapkan,  selain fokus memperbaiki infrastruktur baik jalan maupun drainase,  mereka juga siaga untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir. Untuk itulah  apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan tenaga maupun peralatan, terutama mengatasi penyumbatan parit maupun drainase, Syahnan menyatakan siap membantunya.

“Sesuai dengan arahan Bapak Wali Kota, kita ini merupakan abdi negara yang merupakan pelayan masyarakat. Oleh karenanya setiap masyarakat butuh bantuan, kita siap turun untuk membantu. Apalagi kita telah  menyiapkan personel khusus untuk menangani  jalan, drainase maupun mengangkat tanah bekas galian parit maupun drainase agar tidak mengganggu kelancaran aruas lalu lintas, “ungkapnya. (H)

Print Friendly