Masyarakat Harus Sadar dan Peduli Pencemaran

Lingkungan-hidupKANALMEDAN- Pencemaran lingkungan diakibatkan oleh limbah cair domestik semakin memprihatinkan dan menjadi perhatian pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut). Karena itu diperlukan kesadaran masyarakat serta dukungan seluruh pihak terkait.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut Dr Hidayati usai membuka Seminar Nasional Lingkungan Hidup 2017 di Hotel Karibia Medan, Kamis (28/9/2017).

Mengambil tema ‘Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Limbah Cair Domestik’, acara tersebut dihadiri sekitar 200-an peserta yang berasal dari dinas lingkungan hidup kabupaten/kota, pihak swasta, lembaga pemerhati lingkungan, akademisi serta masyarakat.

“Kenapa kami sangat serius terhadap masalah limbah cair domestik, karena selama ini seolah tidak tersentuh. Memang ada upaya dari pemerintah dan dari Kementerian PU-Pera juga sudah membangun fasilitas pengolahan limbah cair domestik,” ujar Hidayati.

Namun disampaikannya  sarana pengolahan limbah cair yang ada di Medan, masih jauh dari kata cukup atau belum dapat memenuhi kebutuhan jika dilihat dari jumlah penduduk yang ada di Sumut. Sehingga hal ini menimbulkan keprihatinan sekaligus kekhawatiran.

“Yang bisa tercakup baru sekitar 0,1 persen dari jumlah penduduk. Seperti pelayanan septic tank masih sangat terbatas. Karenanya masalah ini harus kita pahami bersama. Banyak yang tidak menyadari bahwa tubuh dan aktifitas kita menghasilkan limbah yang mempengaruhi kualitas lingkungan hidup,” jelasnya.(HMS)

Print Friendly