Setelah “Dimob” Warga, Jalan KIP Segera Diperbaiki Mei 2018

KANALMEDAN – Setelah “dimob” warga melalui aksi simpatik, jalan di perumahan Kuis Indah Permai (KIP) tampaknya akan segera diperbaiki, paling lambat Mei 2018. Informasi yang dihimpun menyebutkan, Camat Batangkuis dikabarkan sempat ditegur Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, terkait aksi simpatik yang digelar pada 27 Agustus 2017 di depan jalan masuk perumahan yang berlokasi di Jalan Pancasila, Desa Payagambar, Kecamatan Batangkuis, Deli Serdang itu.

“Paling lambat Mei 2018, jalan di KIP sudah diperbaiki setelah ada pertemuan dengan camat, kepala desa dan warga Payagambar,” ujar sumber Kanalmedan, di Medan, Kamis (21/9).

Pertemuan itu, lanjut sumber membuahkan sejumlah kesepakatan, yang di antaranya selain memperbaiki jalan di KIP, juga konon ada sumbangan secara pribadi yang diberikan Camat Batangkuis, Edy Yusuf berupa pasir satu dumptruk, dan Kepala Desa Payagambar, Victor SIlaban dikabarkan juga ikut membantu.

Menurut seorang warga, Kepala Desa Paya Gambar dan Camat Batang Kuis sudah turun ke kompleks perumahan dan bertemu dengan warga Senin 11 September lalu. Dalam pertemuan itu, Camat meminta warga untuk mencopot spanduk penolakan Pilkada DS 2018 yang dipasang namun warga menolak.

Adapun isi spanduk itu bertuliskan: “Kami Warga Perumahan Kuis Indah Permai Desa Payagambar tidak mau mengikuti Pilkada 2018, Sebelum Jalan Kami Diperbaiki. Selama 12 Tahun, Kami tidak Pernah Menikmati Proyek Pemerintah, Pajak yang kami bayar, tidak kami nikmati ”, dipasangkan secara gotong-royong di tengah gapura, dan satu lagi di depan pintu masuk perumahan.

“Karena tidak ada kata sepakat antara warga dan Camat, akhirnya diambil kesimpulan agar digelar rapat antara pihak kecamatan dan warga di kantor kecamatan. Warga tetap bersikukuh akan memasang spanduk penolakan Pilkada DS 2018 yang di pasang di dua titik, yakni di jalan menuju perumahan dan di gapura perumahan sebelum ada kejelasan perbaikan jalan di kompleks perumahan,” ujarnya.

KORDINASI

Terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deli Serdang, Bobby yang dikonfirmasi Selasa (12/9) mengatakan pihaknya (KPU) sudah berkoordinasi dengan Pemkab DS menyikapi aksi penolakan Pilkada DS 2018 warga perumahan tersebut sebelum jalan mereka diperbaiki.

“Tidak secara langsung kita berkordinasi atau menyampaikan surat ke Pemkab menyikapi permasalahan ini karena KPU tidak boleh melakukan intervensi. Kondisi ini kita sampaikan kepada Sekda DS ketika itu masih dijabat Asrin Naim dalam sebuah pertemuan (non formal dengan KPU),” kata Bobby.

Sementara itu Camat Batang Kuis, Eddy Yusuf yang coba dikonfirmasi belum berhasil ditemui, maupun dikonfirmasi. Sementara itu, dua anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan dan T Vena Melinda ketika dikonfirmasi Kanalmedan di kantor Gubsu pekan lalu menyebutkan, keduanya akan menghubungi Bupati Deli Serdang Anshari Tambunan terkait dengan rusaknya jalan di KIP.

“Saya sudah sering ke Batangkuis, tapi belum pernah sih lihat perumahan Kuis Indah Permai, mungkin agak ke dalam lagi ya. Nanti coba saya hubungi Bupatinya ya, kalau benar, ya kita minta supaya diperbaiki karena kan itu jadi akses ke Bandara Kualanamu kan,” ujar Sofyan Tan, anggota DPR RI yang membidangi masalah pendidikan, yang berasal dari daerah pemilihan Sumut ini.

Hal yang sama disampaikan T Vena Melinda, yang menyebutkan, Deli Serdang masuk dalam kawasan pendidikan berkarakter di Indonesia. “Masa sih, jalannya rusak, nanti gimana, anak-anak sekolah kan terganggu,” ujar T Vena. (Partonobudy)

Print Friendly