PLN Pindahkan Tiang Listrik, IPA Sunggal Dioperasikan Gunakan Genset

Inilah tiang listrik yang akan dipindahkan itu.(Kanalmedan/HMS)
Inilah tiang listrik yang akan dipindahkan itu.(Kanalmedan/HMS)

KANALMEDAN – PT. PLN Ranting Sunggal akan melakukan pemindahan tiang listrik yang berada di lokasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Tirtanadi Sunggal.

Pemindahan tiang listrik dilakukan, karena kabel listrik bertegangan tinggi yang mensuply IPA Sunggal, kerap bersentuhan dengan seng menara Mesjid Badiuzzaman yang berada disamping IPA Sunggal. Kondisi ini dianggap berbahaya, apalagi pada saat hujan lebat dan angin kencang.

“Gesekan yang terjadi antara kabel listrik bertegangan tinggi dengan seng menara mesjid mengakibatkan korslet listrik, yang dapat menimbulkan kebakaran baik di IPA sunggal maupun di Mesjid Badiuzzaman. Juga dapat merusak pompa air yang ada di IPA Sunggal,” kata Kepala Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi Jumirin kepada wartawan melalui siaran persnya, Minggu (03/09/2017).

Pemindahan tiang listrik tersebut, lanjut Jumirin dilakukan pada hari ini Senin (04/09/2017) mulai pukul 14.00 dan diperkirakan selesai pada pukul 18.00 WIB.

Selama pelaksanaan pekerjaan pemindahan tiang listrik itu, suplay aliran listrik di IPA Sunggal padam total. Sehingga pompa air di IPA Sunggal harus dioperasikan menggunakan mesin genset. Namun tentu saja daya genset tidak sebanding dengan daya listrik terpasang akibatnya tidak semua pompa dapat diperasikan.

“Dari 7 jalur pipa transmisi air keluar dari IPA Sunggal ada beberapa jalur yang pompanya tidak beroperasi penuh akibat daya genset yang terbatas. Yaitu pompa di jalur Q2, Q3 dan Q5 masing-masing berkurang 1 pompa,” kata Jumirin.

Berkurangnya jumlah pompa operasi berdampak pada penurunan kapasitas produksi IPA sunggal yang normalnya 2.400 l/d turun menjadi 2.200 l/d.

Penuruan kapasitas produksi mengakibatkan beberapa wilayah pelayanan PDAM Tirtanadi mengalami gangguan kualitas, kuantitas dan kontinuitas air baik selama pelaksanaan pekerjaan pemindahan tiang lsitrik maupun beberapa saat setelah pekerjaan selesai.

Adapun wilayah yang mengalami gangguan pelayanan yaitu : Jl. Sunggal, Jl. Rajawali, Kompleks Kodam I/BB, Jl. Sei Bilah, Jl. Darussalam, Jl. Ayahanda, Jl. Pabrik Tenun, Jl. Pinang Baris, Jl. Amal, Jl. Puskesmas, Jl. Gatot Subroto, Jl. Abdul Hamid, Jl. Setia Budi, Kompleks Tasbi 1, Jl. Dr. Mansyur, Jl. Sei Serayu, Jl. Jl. Abdullah Lubis, Jl. Sudirman, Jl. Guru Patimpus, Jl. Putri Hijau, Jl. Perintis Kemerdekaan.

Setelah pemindahan tiang listrik selesai pada pukul 16.00 WIB, IPA Sunggal akan beroperasi seperti biasanya. Namun pemadatan tekanan dalam pipa memerlukan waktu lama sehingga diperkirakan baru akan normal pada selasa pagi (5/9/2017).

“Kami mohon maaf atas gangguan ini, pelanggan kami yang mengalami gangguan air dapat menyampaikan keluhannya ke cabang terkait atau melalui Layanan Halo Tirtanadi di nomor 1500922,” ujar  Jumirin.(Jen)

Print Friendly