Sumut Berqurban, Pemprovsu Akan Sembelih 77 Sapi Jenis Limosin

Muhammad Yusuf
Muhammad Yusuf

KANALMEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyelenggarakan ” Sumut Berqurban” dalam rangka hari raya Idul Adha tahun 1438 Hijriah atau 2017 Masehi. Sumut berkurban tersebut akan menyumbang dan memotong hewan jenis sapi sebanyak 77 ekor.

“Pemprovsu tahun anggaran ini telah menganggarkan 33 ekor sapi untuk dikurbankan . Sapi tersebut berjenis limusin dengan beratnya 200-300 Kg per ekornya,”kata Kepala Biro Binsos Pemprovsu, M.Yusuf dalam keterangan persnya dipandu Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Pemprovsu, Ilyas S.Sitorus di Press Room Sumut Paten Kantor Gubsu Jalan P.Diponegoro Medan, Selasa (22/8/2017).

Yusuf mengaku program Sumut Berkurban tersebut digelar menindaklanjuti program Presiden Joko Widodo yang berkurban untuk setiap provinsi di tanah air.

Tahun ini Presiden menyumbangkan 1 ekor sapi berat 1 ton, untuk disembelih di Sumut. Sedangkan 33 ekor lainnya merupakan sapi yang dibeli dengan anggaran APBDSU tahun 2017 yang akan dibagikan kepada 33 Kabuaten/kota di Sumut, ditambah 37 ekor sapi kurban para SKPD se Pemprovsu dan 6 ekor sapi kurban para pejabat di Badan Kepegawaian (BKD) Kantor Gubsu.

“Bapak presiden Jokowi setiap tahunnya berkurban ke setiap provinsi, tahun ini merupakan tahun ketiga dilakukan bapak Jokowi. Jika Presiden berkurban untuk provinsi, maka kami (Pemprovsu) berkurban untuk daerah kabupaten dan kota di Sumut,”kata Yusuf.

Yusuf memaparkan 33 sapi yang akan dikurbankan tersebut saat ini telah dilakukan proses tendernya. Sapi sudah didatangkan dari Bali dan kini sudah di wilayah Labuhanbatu dalam perjalanan menuju Medan.

“Jadi totalnya ada sebanyak 77 sapi. Puncak Sumut Berkurban ini diselenggarakan Jumat,1 September 2017 di Belawan tepatnya di tepi laut di kompleks masyarakat yang membutuhkan daging kurban,”bebernya.

Selain di Belawan,penyembelihan kurban  juga akan dilaksanakan di Tanah Karo, Nias, Langkat dan kantor Gubsu.

“Sapi kurban dari presiden, akan disembelih dan dibagikan di Belawan”katanya. (Jen)

Print Friendly