Polrestabes Medan Upacara Hut ke 72 RI di Desa Mantan Teroris

Mantan-terorisKANALMEDAN – Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan mengukir sejarah. Bagaimana tidak, untuk pertama kali di seluruh Indonesia diadakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia diadakan di Desa para mantan combatan teroris, tepatnya di Pesantren Al-Hidayah Desa Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang.
Pada kesempatan tersebut, hadir perwakilan dari Badan Nasional Penaggulangan Terorisme (BNPT) Pusat, Brigjen Pol Herwan Chaidir Direktur Perlindungan BNPT dan Kol Marinir Purwanto.
 
Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho diwakil Kasat Binmas Polrestabes Medan AKBP DR Ramlan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) HUT ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia di lokasi tersebut, Kamis, (17/8/2017).
AKBP Ramlan sebagai Irup membacakan sambutan Gubernur Sumatera Ir T. Erry Nuradi, Msi mengatakan bahwa kemerdekaan yang diraih melalui proses panjan dan tidak mudah.
“Kemerdekaan yang kita raih tidaklah mudah, membutuhkan perjuangan yang sangat berat dan panjang melawan penjajah. Oleh karena itu, kemerdekaan bukanlah akhir dari sebuah perjuangan”, kata Kasat Binmas membacakan amanat Gubernur Sumatera Utara.
Selain itu, ia menambahkan, kemerdekaan merupakan jemabtan emas dan harus diisi dengan hal yang bermanfaat untuk bangsa dan negara. “Kemerdekaan merupakan jembatan emas menuju cita cita bangsa, yaitu masyarakat yang sejahtera, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” tambahnya.
Selain direktur perlindungan BNPT – RI, hadir pada kesempatan tersebut, Wakasat Binmas Polrestabes Medan Kompol Widya Budi Astuti, Kapolsek Kutalimbaru AKP Martualesi Sitepu SH MH, Kanit Binmas Polsek Kutalimbaru Ipda Zulkarnain, Kesbangpol Deliserdang Idris Ginting, FKDM Kecamatan Kutalimbaru Hermansyah, Sekdes Sei Mencirim Surya Darma, Kadus Sei Mencirim Maju Sembiring dan personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Kutalimbaru.

Sedangkan bertindak Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dalam upacara yang diikuti oleh siswa – siswi SMKN 1 Kutalimbaru, SMK Penerus Bangsa, SMPN 3 Sunggal, MTs Darul Arafah, Almanah Mamaregi dan seluruh santri serta guru Pesantren Al-Hidayah.
Pantauan di lokasi, usai upacara, acara dilanjutkan dengan ramah tamah antara warga desa dan pihak BNPT serta personel dari kepolisian dan dilanjutkan dengan perlombaan dan pemberian hadiah.(Adek)
Print Friendly