Gubsu Erry Temui Mahasiswa Asal Sumut di Jakarta

mhs6KANALMEDAN -Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, meminta mahasiswa asal Sumatera Utara kuliah di Jakarta sekitarnya untuk melakukan perubahan dengan mengedepankan peran kekuatan moral .

“Peran moral dunia kampus merupakan dunia dimana setiap mahasiswa dengan bebas memilih kehidupan yang mereka mau. Disinilah dituntut tanggungjawab moral sebagai individu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggungjawab dan sesuai dengan moral kehidupan ditengah masyarakat,” kata Erry dihadapan ratusan mahasiswa pada acara silaturahmi dan ramah tamah di Jakarta, Kamis (10/08/2017) malam.

Acara yang diikuti ratusan mahasiswa asal Sumut ini adalah mahasiswa IPTDN, STIA LAN Jakarta ,  STTPD, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, STMKG, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan mahasiswa dari Politeknik Sekolah Tinggi Manajemen Industri.

Dalam kesempatan itu, lanjut Erry, mahasiswa harus mampu mengemban dan mengembangkan seluruh sektor potensi baik pertanian, teknologi, perekonomian, sosial dan budaya serta potensi lain yang dapat memanfaatkan sumber daya alam Sumut yang begitu besar.

“Kalian menjadi harapan masyarakat Sumut mengembangkan potensi dengan ilmu yang dipelajari saat ini bisa lebih cakap, kreatif, mandiri, terampil, yang berkompeten dalam menggerakkan laju pertumbuhan ekonomi dan penanganan khususnya di Sumut,” sebut Erry.

Masyarakat Sumut menanti kompetensi yang dimiliki mahasiswa dalam peran keikutsertaan membangun dengan ekspektasi dan tanggung jawab yang diemban dapat dibanggakan Sumut.

Selanjutnya kata Erry, peranan intelektual mahasiswa sebagai insan intelek harus dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata.

“Untuk itu, semua mahasiswa asal Sumut yang ada di Jakarta ini saling asah, asih, dan asuh untuk meningkatkan kualitas, profesional, dalam menjalankan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme dalam keanekaragaman dan kemajemukan Sumut,” ucap Erry.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Jakarta Pemprov Sumut Affan Hasibuan yang menyelenggarakan acara ramah tamah mahasiswa asal Sumut dengan Gubsu menyatakan, acara ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan bertujuan mempererat hubungan Pemprov Sumut dengan mahasiswa yang tengah mengikuti pendidikan dan tugas belajar di Jakarta.

“Dengan demikian Pemprov Sumut dapat turut serta memonitor dan memberikan motivasi kepada mahasiswa tugas belajar agar mereka menyelesaikan pendidikan tepat waktu, dan dapat kembali ke daerah masing-masing untuk mengimplementasikan ilmu yang di dapat bagi pembangunan di Sumut yang lebih baik lagi,” kata Affan dalam laporannya sebagai ketua penyelenggara acara kepada Gubsu.

Kegiatan ini guna mendapatkan wawasan dan informasi terkini di Sumut langsung dari Gubsu dan pejabat tinggi Pemprov Sumut, yang dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam perencanaan dan pengembangan karir kepegawaian sehingga ikut berkontribusi dalam peningkatkan kualitas sumber daya aparatur, terang Affan.

Hadir Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Kepala BKD Kaiman Turnip, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Agus Tripriyono, Kepala Bappeda yang diwakili Kabid Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Hasmirizal Lubis.

Acara malam tersebut dihibur dengan berbagai penampilan lagu, musik dan tarian suku, etnis dan puak yang ada Sumatera Utara.(Jen)

Print Friendly