Letkol Edison: TMMD Bentuk Pengabdian TNI Terhadap Rakyat

Medan – Sejak dahulu budaya gotong menjadi sebuah warisan leluhur di Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan zaman, budaya gotong royong nyaris punah. Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), budaya gotong-royong dibangkitkan kembali.

“Dengan adanya program TMMD, prajurit TNI AD siap bekerjasama masyarakat untuk membangun desa,” kata Wadansatgas TMMD ke 99 Kodim 0201/BS, Letkol Inf Edison.

Menurutnya, saat ini prajurit jajaran Kodim 0201/BS sedang menggiatkan program TMMD untuk wilayah Kodim 0201/BS di kawasan Belawan.

“TMMD suatu pengabdian panjang sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat yang telah berhasil mendukung percepatan pembangunan dipedesaan dan sekaligus merawat semangat kegotongroyongan bangsa,” ucapnya.

Ia mengatakan, saat ini prajurit Kodim 0201/BS sedang melaksanakan beberapa pekerjaan untuk mendukung program pemerintah dalam TMMD ke 99 wilayah Kodim 0201/BS di beberapa kawasan yang ada di Belawan, diantaranya merehab SDN 065010 Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Kota Medan, pembukaan akses jalan-jalan baru sepanjang 500 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 18 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Kota Medan.

Kemudian, perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Kota Medan, pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Kota Medan, perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kel Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Kota Medan, perehapan Masjid Taqwa di Jalan Tambak Lingkungan 12 Kel Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Kota Medan.

“Itu untuk kegiatan fisik TMMD ke 99 tahun 2017 Kodim 0201/BS,sedangkan untuk kegiatan non fisik meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan (Wasbang) dan bela negara, penyuluhan kesehatan dan KB/Kesehatan dan penyuluhan bahaya narkoba serta Kamtibmas,” ungkap Letkol Inf Edison.

Dihari ketiga, pekerjaan TMMD ke 99 Kodim 0201/BS memasang Paving blok halaman SD 065010 dan pengecetan dinding pagar sekolah,merehan Mesjid Jamik dan pemasangan paving blok mesjid serta pembuatan rabat kamar mandi Masjid Taqwa.

“Dan para Prajurit TNI bersama masyarakat juga membuat badan jalan sepanjang 500 meter di lingkungan 20 Belawan Sicanang,” bebernya. (rv-17)

Print Friendly