TMMD ke-99 Berjalan Berkat Dukungan Berbagai Stakeholder

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri, berdialog dengan seorang warga saat meninjau lokasi TMMD ke 99 Kodim 0201/BS di Kelurahan Belawan Sicanang.

KarakterNews.com, Medan – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 tahun 2017 adalah bentuk wujud pengabdian TNI kepada rakyatnya. Program ‘mulia’ ini tak akan berjalan sukses tanpa dukungan semua stakeholder.

Termasuk didalamnya perusahaan (corporate) baik milik pemerintah maupun swasta ikut berperan dalam menyukseskan program pemerintah melalui tangan dingin TNI.

Jika berharap penuh dengan anggaran TNI tidak lah berjalan program TMMD ini. Karena keterbatasan anggaran untuk mewujudkan percepatan pembangunan di wilayah pedesaan terutama diprioritaskan untuk pembangunan wilayah tertinggal.

“Bicara soal anggaran, program TMMD ini mengandalkan bantuan Mabes TNI bersama pemerintah daerah. Program ini dilakukan serentak di Indonesia. Jadi, setiap Kodim diminta untuk pelaksanaan TMMD 2017. Salah satunya Kodim 0201/BS ikut ambil peran menyukseskan program TMMD,” ungkap Dandim 0201/BS Kolonel Inf Bambang Herqutanto diwakili Plh Pasi Intel Kapten Kav Prima Wahyudi, kemarin.

Menurut perwira TNI ini, selain mengharapkan anggaran Mabes TNI dan pemerintah daerah, juga menggandeng pihak perusahaan baik milik pemerintah maupun swasta. “Melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) program TMMD ini akan tambah maksimal berjalan,” ucap Kapten Kav Prima.

Kodim 0201/BS telah mengajak pihak perusahaan yang ada di Kota Medan untuk ikutserta menyukseskan program TMMD melalui dana CSR. “Dana tersebut akan membantu kegiatan-kegiatan TMMD yang dilaksanakan Kodim 0201/BS bersama masyarakat,” bebernya.

Adapun sasaran pelaksanaan program TMMD 2017 untuk wilayah Kota Medan di kawasan Kecamatan Medan Belawan, diantaranya Pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter × 5 meter di kampung Sentosa Timur lingkungan 18 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan; Perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan; Pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang; Perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan; Perehapan Masjid Taqwa di Jalan Tambak Lingkungan 12 Kelurahan Belawan Sicanang; Perehapan SDN 065010 Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang.

Selain itu, prajurit-prajurit TNI akan juga memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara; penyuluhan kesehatan dan KB kesehatan; penyuluhan bahaya narkoba dan Kamtibmas kepada masyarakat. (rv-17)

Print Friendly