Kodim 0201/BS Lakukan TMMD Majukan Belawan

MEDAN – Kodim 0201/BS KE-99 TA. 2017 melaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dibuka di Lapangan Benteng Medan, Selasa (4/7/2017). Kegiatan yang digelar di Belawan ini diharap mampu mendorong pembangunan di daerah Medan bagian utara.

Walikota Medan Dzulmi Eldin bertindak sebagai inspektur upacara TMMD ini mengambil tema, “Dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat, kita percepat pembangunan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.”

Kegiatan TMMD ini meliputi fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik antara lain pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter � 5 meter di Kampung Sentosa Timur, Ling 18, Kel Belawan Sicanang, Kec Medan Belawan. Kemudian perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur, Ling 20, Kel Belawan Sicanang, Kec Medan Belawan. Pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur, Ling 20, Kel Belawan Sicanang, Kec Medan Belawan. Perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur, Ling 20, Kel Belawan Sicanang, Kec Medan Belawan. Lalu perehapan Masjid Taqwa di Jln Tambak, Ling 12, Kel Belawan Sicanang, Kec Medan Belawan. Perehapan SDN 065010 Jln Kampung Sentosa Barat, Ling 20, Kel Belawan Sicanang, Kec Medan Belawan.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan dan Bela Negara, penyuluhan kesehatan dan KB kesehatan dab penyuluhan bahaya narkoba dan Kamtibmas.

Eldin dalam amanatnya, program TMMD ini merupakan salah satu wujud bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan.

Dengan TMMD, dampak lain yang harus mampu dicapai TNI adalah untuk mendapatkan terhadap militer Indonesia guna mempertahankan posisi sentral TNI di tengah masyarakat dengan dukungan kuat dari masyarakat. Maka, kelangsungan bangsa Indonesia akan makin kokoh di tengah berbagai tantangan dan ancaman yg datang dalam negeri maupun luar negeri.

Tambah Eldin, dengan diadakannya TMMD ini sangat membantu pemerintah. Sebab, tenaga kerja dan peralatan yang dipakai gratis.

Sementara itu, Dandim 0201/BS Kol Inf Bambang Herqutanto menjelaskan dengan adanya program TMMD ini, diharap percepatan pembangunan di Belawan. “Karena mengingat Belawan sekarang ini sebagai daerah yang tertinggal di Medan, kita harapkan dengan ini bisa mendorong pembangunan,”.

Program TMMD ini melibatkan 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) prajurit yang nantinya ditempatkan di perumahan masyarakat sekitar berlangsungnya TMMD. “Pelibatan masyarakat wajib. Karena kan daerah mereka yang dibangun. Pasukan yang menginap selama sebulan itu nanti dibekali uang makan, akunya.

Print Friendly