USU Kampus ke 8 Paling Diminati di Indonesia

KANALMEDAN – Universitas Sumatera Utara masuk peringkat ke delapan universitas paling diminati di seluruh Indonesia.

Hal tersebut diketahui dari membludaknya peminat yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di kampus plat merah itu.

“Jumlah pendaftar ke USU sangat membludak. Mencapai 73.442 orang untuk tiga tahapan. Sementara yang diterima hanya tiga ribuan. Sehingga 70 ribuan orang dianggap belum beruntung,” kata Rektor USU Runtung Sitepu ketika dikonfirmasi, Selasa, (13/6/2017).

Dijelaskan Runtung, jumlah peminat tersebut menjadikan USU kampus peringkat ke delapan yang paling diminati di tanah air. “Peringkat pertama adalah Universitas Padjajaran (Unpad), disusul Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin, Universitas Dipenogoro dan di peringkat kedelapan adalah USU,” jelasnya.

Selain itu, Runtung menambahkan, sesuai penilaian Perguruan Tinggi (PTN) terpopuler sesuai tercantum pada 4 International Colleges & Universities (4ICU), merupakan suatu mesin pencari dan direktori, melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia, telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara maka USU masuk peringkat 12 di Indonesia. “Angka tersebut juga menjadikan USU sebagai kampus nomor 1 di luar Pulau Jawa yang paling diminati,” tambahnya.

Sementara itu, bagi yang kurang beruntung pada SBMPTN bisa mendaftar untuk jalur Mandiri Runtung mengimbau agar mendaftar melalui jalur Mandiri. “Bagi yang tidak lulus, bisa mendaftar jalur Mandiri dan diharapkan mendaftar di awalm jangan pada masa akhir pendaftaran,” imbaunya.(Adek)

Print Friendly