Wali Kota Ajak Perbanyak Baca Al Qur’an

Nuzul_uran

KANALMEDAN – Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh  umat Muslim Kota Medan  untuk mengisi  Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya dengan tadarus dan tadabbur , mengkhatamkan Al Qur’an dengan  tilawah, serta dapat menghafal serta memahami kandungan-surah-surah yang dibaca sehingga Ramadhan akan jauh lebih berarti.

“Saya mengajak seluruh umat Muslim di Kota Medan agar mulai saat ini, marilah  kita perbanyak membaca Al Qur’an,” kata Wali Kota ketika menghadiri  peringatan Nuzul Qur’an yang dihadiri seribuan warga di  arena Ramadhan Fair 2017 Taman Sri Deli Medan, Minggu (11/6/2017).

Untuk itu mulai saat ini, kata Wali Kota mengingatkan,  umat Muslim diharapkan  memulai dan mengakhiri harinya dengan membaca Al Qur’an dan memahami maknanya dari pada membaca postingan di media  sosial yang isinya lebih banyak bergunjing dan saling tuding sehingga membuat kisruh kehidupan berbangsa dan bernegara di tanah air.

Apalagi ungkap Wali kota, ayat pertama yang dibawa  Malaikat Jibril  adalah Iqra yang artinya bacalah. Menurut Wali Kota, ini menandakan bahwa umat Muslim di seluruh dunia harus berpikiran cerdas dan mampu membaca aksara maupun membaca berbagai fenomena yang ada di sekelilingnya.

“Pada ayat pertama ini juga tersirat jelas bahwa  pendidikan dalam Islam menjadi hal yang sangat utama untuk membangun umat Muslim yang kuat. Jadi melalui momentum Ramadhan ini, marilah kita perbanyak membaca Al Qur’an mulai saat ini,”  ajaknya lagi.

Dihadapan Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis, masayarakatDandim 0201/BS, Kol Inf Bambang Herqutanto, Dandempom I/5 Medan, Letkol CPM David Medion,Wakapolrestabes Medan, AKBP Tatan Dirsan Atmaja, H Syamsul Arifin selaku tokoh masyarakat, tokoh agama, alim-ulama serta  ormas Islam, Wali Kota mengajak seluruh yang hadir untuk merenungkan makna peringatan Nuzulul Qur’an.

Oleh karenanya di bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan dari Allah SWT ini,  Wali kota berpesan untuk terus meningkatkan iman, ilmu dan kepedulian terhadap sesama, terutama kepada warga kurang mampu.            Apalagi dalam Al Qur’an, jelas Eldin, diwajibkan  untuk membantu kaum dhuafa dengan mengeluarkan zakat, serta anjuran mengeluarkan infak dan sedekah.

“Melalui zakat, infak dan sedekah inilah kita dapat secara berkelanjutan menolong saudara-saudara kita yang masih hidup dalam kekurangan. Mari lebih kita tingkatkan lagi rasa peduli dan semangat berbagi  dalam  bulan yang mulia dan penuh berkah ini,” harapnya.

Meski hujan deras mengguyur namun peringatan Nuzulul Qur’an berjalan dengan penuh khidmat. Seribuan umat Muslim yang hadir dengan penuh antusias mengikuti acara yang digelar untuk memperingati hari turunnya ayat suci Al Qur’an yang diturunkan Allah SWT dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Peringatan Nuzulul Qur’an ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an. Setelah itu dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan Al Ustadz Abdurrachman Djailani dario ibukota Jakarta. Dalam tausiahnya, Abdurrachman mengupas tentang sejarah turunnya Al Qur’an, termasuk segala keajaiban yang sangat luar biasa terkandung di dalamnya.

Untuk itulah melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini, Abdurrachman mengatak seluruh umat Muslim untuk selalu membaca Al Qur’an sekaliguas mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari “Bacalah selalu ayat suci Al Qur’an, sebab Al Qur’an akan memberi pertolongan bagi orang-orang yang membacanya,” ungkap Abdurrachman. (Jen)

Print Friendly