Wakapolda dan Wali Kota Tinjau ATCS

ATCS

KANALMEDAN – Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Drs. Agus Andrianto S.H. bersama Wali Kota Medan Drs. H T Dzulmui Eldin S MSi meninjau Area Traffic Control System (ATCS) Kota Medan yang berada di Kantor Kesbangpol Kota Medan Jalan Balai Kota Medan, Kamis (1/6/2017).

Dari  ATCS ini, Wakapolda dan Wali kota memantau arus lalu lintas di sejumlah titik di Kota Medan.

Peninjauan ini turut dihadiri Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandy Nugroho, Kasat Brimob, Kombes Pol Zulfikar Tarius S.Sos, Kadis Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat selaku Kepala Pemegang Kendali ATCS, Kabid TI Polda Sumut, Kombes Pol Drs. Yusuf Suprapto, Karo Ops, Kombes Pol Drs. Imam Prakoso dan Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Rina Sari Ginting.

Dalam peninjauan di ruang kendali ATCS yang  berbasis CCTV, Wakapoldasu didampingi Wali kota langsung melakukan pengecekan di depan komputer pengendali CCTV dan melakukan pemantauan kelancaran arus lalu lintas di Kota Medan. Hal ini untuk mengetahui titik-titik mana saja yang rentan terjadi kemacetan.

Menurut Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Rina Sari Ginting, pengecekan dan pemantauan arus lalu lintas yang dilakukan inti untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

“Melalui pemantauan ini, kita mengetahui titik mana saja yang macet sehingga petugas  bersiaga. Dengan demikian masyarakat yang mudik dapat berkendara dengan aman dan nyaman,” kata Rina.

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan, ATCS ini merupakan tuntutan kota. Selain mendukung pengendalian penanganan arus lalu-lintas, keberadaannya juga untuk mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang terjadi di jalan. Apalagi melalui gambar yang terlihat bisa di-zoom (perbesar) sehingga memudahkan indentifikasi jika kerawanan terjadi di jalan.

“Kita akan mengupayakan untuk menambah pemasangan alat ATCS ini. Kita harapkan persimpangan, terutama yang rentan kemacetan dan terjadinya kerawanan dapat terpasang. Sebab, keberadaan alat ini sangat membantu untuk mendukung pengendalian penanganan arus lalu lintas di Kota Medan, termasuk mengantisipasi terjadinya kerawanan di jalan,” jelas Wali kota.

Dalam peninjauan yangi dilakukan itu, Kadishub Kota Medan, Renward Parapat menjelaskan sistem kerja dan pengoperasian alat ATCS.

Dikatakannya, ATCS merupakan suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan, yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan. (Jen)

Print Friendly