Batik Medan Pukau Peserta Raker Muswil I APEKSI di Batam

Walikota menerima cenderamata dari Walikota Batam.(Foto:Humas)
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin MSi menerima cenderamata dari Walikota Batam Muhammad Rudi.(Foto:Humas)

KANALMEDAN – Tim kesenian Pemko Medan tampil memukau di acara Welcome Dinner di Hotel Radisson Jalan Sudirman, Batam, Rabu (19/4) malam.

Dengan membawakan Tarian Zapin Ceracap, tim kesenian binaan Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin ini berhasil mempesona Wali Kota se-Sumatera yang hadir untuk mengikuti Rapat Kerja Musyawarah Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Muswil I APEKSI) tahun 2017.

Diiingi musik berirama Melayu, para penari baik pria dan wanita tampil lincah dan energik membawakan tarian yang biasa ditampilkan dalam  acara-acara tertentu di istana maupun dalam menyambut  tamu-tamu istimewa.  Kepiawaian para penari  membawakan  ragam gerak dalam Tarian Zapin Ceracap  yang merupakan tarian tradisionil amelayu ini mendapat aplaus meriah dari seluruh pengunjung yang hadir.

Dalam Galla Dinner ini, Wali Kota didampingi  Ketua TP PKK beserta Aisten Pemerintahan, Musadad Nasution, Kadis Pendidikan, Hasan Basri, Kadis Perhubungan, Renward Parapat, Kabag Umum,Andi Syahputra, Kabag Hubungan Kerjasama, Rivai Nasution serta  Kabag Humasy Setdakot Medan, Ridho Nasution.

Welcome Dinner ini digelar sebagai ungkapan selamat datang  sekaligus wujud apresiasi  Wali Kota Batam, Muhammad Rudi selaku tuan rumah kepada seluruh Wali Kota  se-Sumatera sebagai peserta Muswil Raker Muswil I APEKSI. Wali Kota dan Ketua TP PKK  Kota Medan beserta rombongan mengenakan Batik Medan yang mengusung motif payung dan tepak berwarna hijau kolaborasi kuning  untuk mengenalkannya kepada seluruh peserta.

Busana Batik Medan hasil kreasi Hj Rita Maharani ini  menarik perhatian dan pujian dari  pengunjung. Malam pembawa acara sempat mempersilahkan  seluruh rombogan Pemko Medan yang mengenakan busana Batik Medan untuk berdiri. “Mari kita beri aplaus untuk rombongn Pemko Medan yang mengenakan Batik Medan. Kita harapkan Batik Medan semakin  terkenal lagi,” ungkap pembawa acara.

Wali Kota Batam, Muhammad  Rudi menyampaikan ucapan selamat datang kepala seluruh Wali Kota se-Sumatera yang hadir. Dia mengaku sangat gembira dengan dipilihnya Batam sebagai tuan rumah pelaksanaan raker. Rudi berharap dalam raker ini, pihaknya sangat membutuhkan  dukungan seluruh Wali Kota se-Sumatera untuk membuat rekomendasi agar Kota Batam cepat menjadi otonomi daerah (otda)

“Kami  saat ini tengah memperjuangkan agar Kota Batam bisa menjadi otda. Untuk itulah kami minta dukungan penuh dari seluruh Wali Kota se-Sumatera. Kami saat ini tidak dapat membangun, sebab tidak memiliki lahan. Untuk itulah kami sangat mengharapkan dukungannya, sehingga keinginan menjadikan Kota Batam  otda dapat terwujud , “ ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan, selain silaturahmi, Raker Wuswil I APEKSI merupakan ajang  berbagi pengalaman bagi para kepala daerah (Wali Kota) dalam rangka untuk kemajuan masing-masing kota dengan mengusung semangat koloborasi. Artinya, melalui raker ini masing-masing kepala daerah dapat berbagi pengalaman terkait dengan keberhasilan yang telah diraih sehingga dapat menjadi masukan dan diterapkan bagi kota yang belum berhasil.

“Dengan berbagi pengalaman ini, kita berharap segera terjadi percepatan pembangunan di masing-masing kota. Selain itu juga masing-masing kota  dapat menyampaikan apa yang menjadi keluhan kotanya untukselanjutnya  dibahas bersama. Oleh  karenanya permintaan Wali Kota Batam untuk minta dukungan agar segera diberi otda  akan kita bahas dalam raker ini, termasuk menjadikannya sebagai rekoemndasi untu disampaikan kepada pemerintah pusat,” jelas Eldin.

Selain makan berama dan pertunjukan kesenian daerah, Welcome Dinner juga diisi dengan pemberian cindera mata oleh Wali Kota Batam kepada Wali Kota Medan dan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah selaku Ketua Korwil I APEKSI.  Setelah itu menyusul Wali Kota lainnya juga mendapat cindera mata dari Wali Kota Medan.

Usai penyerahan cindera mata ini, giliran Wali Kota Batam yang mendapatkan balasan cindera mata dari seluruh Wali Kota yang hadir, termasuk dari Wali Kota Medan. (Jen/HT)

Print Friendly