Mengurangi Korban Penyakit Jantung Melalui Senam Jantung Sehat

17

KANALMEDAN- Ribuan warga dengan penuh antusias mengikuti senam jantung sehat bersama Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Ketua TP PKK Kota sekaligus Bunda PAUD Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (22/1/2017).

Selain menjaga sekaligus merawat kesehatan jantung, senam ini juga dilakukan dalam rangka untuk mempererat tali silaturahmi dengan  seluruh elemen masyarakat.

Wali Kota tampak puas melihat animo warga mengikuti senam jantung sehat ini cukup tinggi, terutama dari kalangan lanjut usia. Warga tampaknya mulai menyadari akan pentingnya kesehatan jantung. Di samping itu mereka juga tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menyehatkan jantung,  cukup mengikuti senam jantung sehat secara rutin dan melaksanakan pola hidup dan makan sehat.

Senam jantung sehat ini pun terbilang singkat, tak sampai satu jam dengan menampilkan banyak gerakan yang bertujuan untuk memperlancar  seluruh peredaran darah dalam tubuh. Bagi warga baru pertama kali mengikuti senam jantung sehat tersebut, mereka dapat mengikuti dengan melihat gerakan dari sejumlah instruktur.

“Apabila rutin mengikuti senam jantung sehat ini, insya Allah kita akan terhindari dari penyakit jantung serta tubuh kita pun terasa semakin bugar. Untuk itu saya beser tak bosan-bosannya mengajak seluruh warga untuk mngikuti senam jantung sehat. Mudah-mudahan melalui senam jantung sehat yang rutin kita lakukan setiap Minggunya ini, secara bertahap akan mengurangi warga Kota Medan menjadi korban penyakit yang mematikan ini,” kata Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, senam jantung sehat ini juga dilakukan dalam upaya mengajak warga Kota Medan untuk gemar berolahraga. Eldin ingin olahraga menjadi kegiatan rutin dalam kehidupan masyarakat.  Dengan rutin berolahraga, dia  optimis masyarakat akan  lebih sehat dan jauh dari berbagai penyakit.

“Jika kesehatan meningkat, tentunya akan mendorong aktifitas warga juga akan ikut meningkat sehingga output  yang dihasilkan berimbas dengan kesejahteraan masyarakat. Jadi mari kita rutin berolahraga,” ajaknya.

Ungkapan senada disampaikan Hj Rita Maharani. Ibu tiga anak yang murah senyum dan akrab disapa Bunda ini,  berharap agar warga Kota Medan mencintai senam jantung sehat sehingga rutin mengikutinya. Selain menjaga kesehatan jantung, senam jantung sehat ini dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi sekaligus keakraban antar sesama warga maupun dengan pemerintah.

Dikatakan Hj Rita, olahraga itu dapat membuat tubuh menajdi sehat dan bugar. “Nilai kesehatan itu sangat mahal. Oleh karenanya kita harus terus berupaya untuk menjaga agar tutub kita tetap sehat, salah satunya dengan rutin berolahraga, termasuk senam jantung yang rutin kita lakukan setiap Minggunya. Ingat, jika jasmani kita tidak sehat, tentunya ibadah maupun aktifitas lainnya tidak akan maksimal kita lakasanakan,” pesan Hj Rita.

Untuk itulah, kata Hj Rita, dirinya selaku salah satu pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Sumut  akan terus melaksanakan senam jantung sehat bekerjasama dengan Pemko Medan. Dia ingin warga Kota Medan menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga. “Hal ini harus dimulai dari jajaran Pemko Medan sehingga menjadi motivasi bagi masyarakat untuk mengikutinya,” harapnya. (Jen)

Print Friendly