GEMPA 5,6 SR LANDA DELI SERDANG, WARGA BATANGKUIS BERHAMBURAN KELUAR

KANALMEDAN –  Puluhan warga Perumahan Kuis Indah Permai, Batangkuis, yang berlokasi di Jalan Pancasila, Deli Serdang berhamburan keluar rumah setelah terjadi gempa berkekuatan 5,6 ska richter yang terjadi Senin malam (16/1) sekitar pukul 19.42 WIB.

“Saya mula-mula tidak merasa adanya gempa, namun getarannya agak lain, sehingga saya buru0buru keluar rumah,” ujar warga Blok P Perumahan Indah Kuis Permai, kepada Kanalmedan.com.

Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR terjadi di Deli Serdang, Sumut. Gempa ini berkedalaman 10 km.Gempa terjadi sekitar pukul 19.42 WIB, Senin (16/1/2017). Lokasi gempa berada di 3.33 LU,98.46 BT atau 28 km BaratDaya Deli Serdang. Belum ada laporan mengenai dampak gempa.

Berdasarkan informasi yang dirilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, gempa pertama yang berlangsung pada pukul 19.13 WIB berkekuatan 3.9 skala Richter.

Sedangkan gempa kedua dirasakan pada pukul 19.42 yang berkekuatan 5.6 skala Richter dan terletak di 3.33 LU dan 98.46 BT atau 28 KM Barat Daya Kabupaten Deli Serdang. Gempa kedua ini juga dengan kedalaman 10 kilometer.

Saat gempa kedua, getaran juga dirasakan sampai ke Kota Medan. Warga di daerah Jalan Katamso Kecamatan Medan Maimun tampak berhamburan keluar. Getaran sempat dirasakan sekitar 30 detik.

Muchlis, seorang warga Jalan Katamso menuturkan terkejut dengan gempa yang terjadi. Pemuda asal Simeulu ini mengakui jika dirinya hanya merasakan gempa yang kedua. “Yang terasa Cuma kedua saja. Yang pertama enggak tau aku, cuma dikasih tau sama kawan aja kalau ada gempa juga,” tutur Muchlis. (bud)

 

Print Friendly