100 ANGGOTA DPRD SUMUT RESES DI 33 KABUPATEN/KOTA

KANALMEDAN – 100 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU) menunaikan agenda Reses di 33 kab/kota Sumut sejak 14-19 Desember 2016.

Reses anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz, di daerah pemilihan Sumut XII (kota Binjai dan Kabupaten Langkat), digelar di Jreses1alan Siaga, Kelurahan Berngam, Binjai Kota, Rabu (14/12) sore. Politisi Demokrat ini menggandeng pihak Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Kelestarian Alam dalam reses serta dialog mengenai Pendidikan dan Penyadaran Lingkungan Hidup, dengan topik “menuju kehidupan yang bersih, sehat, dan berwawasan lingkungan”.

Muhri Fauzi Hafiz dalam sambutannya, mengajak para warga untuk selalu menjaga kelestarian alam di lingkungan sekitar kita, khususnya Rumah Sakit yang ada di kota Binjai.

“Saya mohon kepada masyarakat sekalian, di tahun 2017 kalau tidak ada Perijinan atau konpensasi dari Rumah Sakit buat warga, kita tuntut saja dan saya mendukung hal ini, demi kesehatan kita, serta anak cucu kita,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris LSM Peduli Kelestarian Alam (PEKA) Khairuddin, juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Di acara ini, kami dari LSM Peduli Kelestarian Alam, mengajak masyarakat semua untuk menjaga kebersihan dari Skup kecil, seperti dirumah kita sendiri. Karena kalau lingkungan kita bersih, maka kita akan terhindar dari penyakit,” tegasnya.

Pertunjukan beladiri Kempo, juga ikut memeriahkan acara Reses Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz.

Dialog interaktif bersama LSM PEKA, dan Reses anggota DPRD Sumatera utara, Muhri Fauzi Hafiz, akan di gelar dari tanggal 14 sampai 19 Desember 2016, di kota Binjai dan Kabupaten Langkat.

SERAP ASPIRASI RAKYAT

Anggota DPRDSU F-Partai Demokrat Sopar Siburian, SH, MH, saat ditemui di gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa pagi (13/12/2016), menjelaskan, Reses merupakan salah satu agenda anggota Dewan untuk menyerap aspirasi rakyat, mengawal program pemerintah pusat/Pemprovsu di daerah pemilihan (Dapil) hingga mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat. “Saya rencanakan menemui warga di 6 titik Kab Taput, Kab Humbahas dan Kab Tobasa,” terang Sopar.

Legislator asal Dapil Sumut IX Kab Taput, Kab Tobasa, Kab Humbahas, Kab Samosir, Kab Tapteng dan Kota Sibolga ini merinci, ke-6 titik tersebut diantaranya: Kamis pagi (15/12/2016) di Desa Padang Siandomang Kec Garoga Kab Taput. Kemudian siang harinya menuju Desa Rahut Bosi Kec Pangaribuan Kab Taput. Titik III Reses Sopar menampung aspirasi warga Desa Matiti Kec Dolok Sanggul Kab Humbahas pada Jumat pagi (16/12/2016). Selanjutnya titik IV pada Jumat siang ke Desa Silaga-laga Kec Dolok Sanggul Kab Humbahas dan titik V Jumat sore di Desa Hariara Kec Paranginan Kab Humbahas. Reses terakhir dilakukan Sopar pada Senin pagi (19/12/2016) di Desa Lumban Sirait Kec Permaksian Kab Tobasa. Ketua Komisi B DPRDSU itu mengungkapkan, mengacu pengalaman sebelumnya, aspirasi warga yang berkembang meliputi permintaan pembangunan jalan pertanian, perbaikan saluran irigasi serta bantuan pupuk bersubsidi untuk tanaman jagung dan kopi. “Warga di sana juga berharap dukungan pemerintah menyediakan bibit ternak kerbau, lembu dan kambing,” ujar Sopar.

Oleh sebab itu, lanjut Sopar lagi, Reses kali ini akan difokuskan untuk mengevaluasi program di Dapil seputar keluhan warga saat agenda Reses beberapa waktu lalu. Sopar berharap, apapun hasil reses Dewan selama 5 hari, sebaiknya tidak sekadar ditampung dalam laporan formal eksekutif melainkan diwujud-nyatakan sebagai bentuk kebutuhan urgen masyarakat. “Agenda Reses DPRDSU 3 kali 1 tahun. Kita ingatkan Pemprovsu, Pemkab dan Pemko di Sumut menerjemahkan aspirasi rakyat. Jangan sekadar kami laporkan dalam Sidang Paripurna DPRDSU tapi kelak tidak direalisasikan,” tutup Sopar. (rel-partonobudy)

Print Friendly