Aduh, di Penjara Pun Napi Berkelahi

KANALMEDAN – Dua orang napi di Lapas Kelas I Tanjung, Medan, Sumatera Utara berkelahi. Dalam kejadian tersebut, salah seorang dari napi itu tewas.

“Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB tadi,” ungkap Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Tanjung Gusta Medan, EP Manik kepada detikcom, Sabtu (3/12/2016).

Manik mengatakan, pelaku tersebut bernama Abdul Rahman Nasution (40). Sementara korban bernama Herianto (27). Kedua napi ini diketahui sebelumnya terlibat dalam perkara pembunuhan.

“Kedua napi yang berkelahi ini perkara pembunuhan sebelumnya. Mereka berkelahi satu lawan satu,” kata Manik.

Manik mengungkapkan, saat ini pelakunya sudah diamankan polisi. Dari lokasi kejadian, petugas menemukan besi tajam.

“Korban terluka di bagian mata dan dada. Saat ini situasi sudah aman,” terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Helvetia Kompol Hendra membenarkan kejadian tersebut.

“Korban dibawa ke Rumah Sakit Bina Kasih Medan,” ucap Hendra dalam keterangan terpisah, Sabtu (3/12).

Dalam pemeriksaan polisi, diketahui perkelahian itu dipicu karena utang. Kejadian tersebut bermula setelah napi melaksanakan apel sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu, pelaku meminta utang kepada korban sebanyak Rp 15 juta. Namun korban tidak mau membayarnya.

“Dari pengakuan pelaku, utang keluarganya korban,” ujar dia.

Hendra menerangkan, saat itu korban tidak mau membayar utangnya. Kemudian terjadilah perkelahian yang mengakibatkan penusukan menggunakan besi runcing di bagian bawah mata sebelah kiri, dada sebelah kiri, dada tengah dan dua tusukan di tangan kanan. Korban meninggal di rumah sakit.

Setelah kejadian itu, pelaku berlari ke kantor petugas sipir. Petugas kepolisian dari Polsek Helvetia yang mendapatkan informasi itu kemudian langsung menuju ke lokasi seterusnya mengamankan pelaku.

“Kita mengajukan permohonan visum dan autopsi ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan, kemudian kita mencari keluarga korban dan mengarahkan untuk membuat laporan. Sementara, kita masih memeriksa pelaku,” tandas Hendra.
(dtc/tim)

Print Friendly