Kompatir Sumut Diharapkan Dapat Bersinergi dengan PDAM Tirtanadi

kompatirKANALMEDAN – Wadah Komunitas Pelanggan Air PDAM Tirtanadi (Kompatir) diharapkan dapat bersinergi dan membantu kinerja perusahaan itu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyakat Sumut, khususnya Kota Medan.

“Kompatir merupakan bagian dari PDAM Tirtanadi, sehingga diharapkan menyumbangkan pemikiran dan ikut mengatasi permasalahan yang dihadapi perusahaan daerah ini,” ujar Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo ST, saat member sambutan pada acara deklarasi Kompatir Sumut periode 2016-2018 di Hotel Garuda Citra Medan, Kamis (1/12).

Hadir dalam acara itu, penasihat Kompatir yang juga anggota DPD RI asal Sumut, Prof Dr Ir Hj Darmayanti Lubis MSc, perwakilan dari Kejatisu Gufron SH, rekanan dari aosiasi, perwakilan dari kelurahan dan staf PDAM Tirtanadi.

Menurut Sutedi, permasalahan yang dihadapi PDAM yang memiliki pelanggan berkisar 404.739 orang ini adalah ketersediaan pasokan air bersih akibat berkurangnya debit air.

Namun dengan kinerja manajemen, berbagai upya terus dilakukan. Di bawah manajemen terdahulu, kini sudah dilakukan penambahan kapasitas produksi pembangunan 4 sumur bor baru, pembangunan IPA (Instalasi Pengolahan Air) mini sebanyak 2 unit. Sehingga total kapasitas produksi nantinya jika telah selesai dikerjakan akan menghasilkan 80 L/D.(liter/detik ). Selain itu, penambahan kapasitas produksi IPA Sunggal, Uprating IPA Hamparan Perak, Uprating IPA Limau Manis, pembangunan sumur bor sebanyak 10 unit dan pembangunan IPA mini sebanyak 2 unit, maka penambahan kapasitas produksi yang akan diterima berjumlah 1.640 L/D.

 

Sehingga total kapasitas produksi sebanyak 5.687 L/D menjadi 7.327 L/D sampai akhir Desember 2014 lalu.

PENINGKATAN

Dengan adanya penyertaan modal dari Pemprovsu dan dana APBD 2016 seluruhnya berjumlah Rp 100 miliar, PDAM makin optimis dan diharapkan terjadi peningkatan debit air melalui berbagai proyek.

Dan tahun 2016 juga, Presiden Jokowi sudah meneken Pepres No 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, di mana Sumut mendapat jatahpembangunan bendungan Lau Simei-mei, yang diharapkan nanti dapat meningkatkan kapasitas produksi air sampai 1000 liter/detik.

“Kita berharap anggota DPD Prof Damayanti nantinya dapat mengawal Pepres ini sehingga Sumut diharapkan aman dari masalah air di masa yang akan datang,” ujar Sutedi.

Sementara itu, Ketua Umum Kompatir Prof Dr Ir H Hasnudi MS dalam sambutannya mengatakan, kehadiran wadah ini nantinya akan memberikan pemikiran bagi kemajuan PDAM Tirtanadi.

Setelah nanti dideklarasikan, Kompatir akan mendaftarkan legalitas wadah ini ke Kesbangpolinmas Sumut, dan akan melakukan audiensi dengan Gubsu, Kejatisu dan Kapoldasu. “Yang jelas, kita akan tetap bersinergi dengan PDAM Tirtanadi, “ ujarnya.

Dalam sambutannya, anggota DPD RI Prof Dr Ir Darmayanti MSc menjelaskan, pihaknya menyambut baik kehadiran Kompatir dalam membantu PDAM Tirtanadi.

“Untuk Perpres No 3/2016 tentang pembangunan Lau Simei-mei, Insya Allah saya akan kawal hingga nantinya dapat direalisasikan,” katanya.

Adapun komposisi kepengurusan Kompatir Sumut periode 2016-2018 Penasihat Prof Dr Ir Hj Darmayanti Msc. H Jamharil Umeda, Ketua Umum Prof Dr Ir H Hasnudi MS, Ketua Harian Fachroel Rozi SH, Sekretaris H Harist Lubis SE, Wakil Sekretaris Rizal Syam SE, Bendahara Ir Suci Harnita, Wakil Efrida Herawati, Humas Drs Partono Budy, Jasrial Husin, penasihat hokum Julfikar SH MH, Andi Saputra Sianjuntak SH, MH, Riswan Munthe SH, MH, Sonia Eka Putri br Ginting SH. (partono)

 

Print Friendly