PTPN 4 Lakukan Pembenahan Internal

KANALMEDAN – PTPN 4 terus melakukan pembenahan internal dengan melakukan gerakan efisiensi guna meningkatkan produktivitas perusahaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan karyawan dan pendapatan negara. Hal itu dikatakan Direktur Utama PTPN 4 Dasuki Amsir saat berkunjung ke Kantor PWI Sumut Parada Harahap Jl.Adinegoro No.4 Medan, Rabu (9/11).

Dirut didampingi Direktur Komersial Umar Affandi, Direktur Operasional Nasrul, Sekretaris Perusahaan Rizal H. Damanik, Humas Syahrul diterima Ketua PWI Sumut H. Hermansjah, Sekretaris Edward Thahir, Bendahara Zul Anwar Marbun,Wakil Ketua Khairul Muslim, Wilfrid B.Sinaga, Edi Syahputra Sormin, Agus S.Lubis dan Wakil Sekretaris Rifki Warisan.

 

Manajemen, kata Dasuki, akan memfokuskan capital intensive. Yakni, bagaimana meningkatkan produktivitas melalui pemeliharaan dan pemupukan tanaman sawit termasuk melakukan replanting secara tepat waktu. Pelaksanaan replanting yang terlambat tentunya akan menimbulkan akumulasi permasalahan sehingga dapat mengganggu produktivitas. “Pokoknya, kebun harus maju, berkembang dengan penggunaan teknologi termasuk permodalan yang kuat,” ujar Dasuki yang baru beberapa bulan menjabat Dirut.

 

Menurut Dasuki, pihaknya tetap memikirkan peningkatan kesejahteraan karyawan yang saat ini mencapai 24.000 orang sehingga faktor sumber daya manusia ini dapat memiliki kinerja yang tinggi. Untuk itu efisiensi di semua sektor kebun menjadi perhatian kita. Karena perusahaan bergerak di bidang kelapa sawit (90 persen), maka produktivitas perusahaan juga sangat bergantung pada keadaan cuaca dan harga komoditi sawit,sebut Dasuki

Dasuki mengakui PTPN 4 sebagai BUMN memang agak lambat melakukan hilirisasi (pengembangan industri hilir) tidak seperti swasta. Namun demikian, ke depan PTPN 4 akan bekerjasama dengan PTPN 3 mendirikan pabrik minyak goreng.

Selain pembenahan internal, PTPN 4 membangun hubungan eksternal seperti dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut. Ini penting agar perusahaan memperoleh masukan demi kemajuan perusahaan.

MASUKAN

Dalam pertemuan tersebut, pengurus PWI Sumut banyak memberi masukan demi peningkatan produktivitas perusahaan. Ketua PWI Hermansjah mengungkapkan, sudah banyak perusahaan swasta bermitra dengan PWI melalui kerjasama program dalam rangka peningkatan kualitas wartawan melalui pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, silaturrahmi secara rutin juga tetap dilaksanakan sehingga komunikasi tetap terjalin dengan baik. Diharapkan, hubungan kemitraan dengan BUMN di Sumut dapat ditingkatkan, kata Herman. (harefa)

Print Friendly