Fauzi Hafiz Reses di Langkat, Minta Warga Jangan Bosan Sampaikan Aspirasi

KANAL MEDAN – Memasuki masa Reses Tahun ke-2 DPRD provinsi Sumatera Utara yang berlangsung dari tanggal 14 sd. 19 Juli 2016, anggota DPRD provinsi sumatera Utara melakukan kegiatan reses ke daerah pemilihan masing-masing.

Muhri Fauzi Hafiz, anggota DPRD provinsi Sumatera Utara dari fraksi partai Demokrat yang berasal dari daerah pemilihan kabupaten Langkat dan kota Binjai, Kamis (15/7), melakukan kegiatan resesnya bertemu dengan masyarakat di Desa Selayang, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat.

Menurut Muhri Fauzi Hafiz, kegiatan reses merupakan kegiatan rutin anggota DPRD yang bertujuan untuk mengetahui berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, agar disampaikan secara resmi kepada pemerintah daerah.

Karena itu, dirinya mengajak agar masyarakat yang hadir tidak bosan untuk ikut serta dalam kegiatan yang sama, yang dilakukan oleh anggota DPRD lainnya, karena, tujuan reses dilaksanakan adalah untuk mengumpulkan usulan pembangunan yang berasal dari masyarakat, baik melalui pemerintah desa, pemerintah kecamatan maupun pemerintah kabupaten/kota. Tujuannya, agar Gubernur dan pemerintah provinsi mengetahui dan melakukan inventarisasi masalah yang bisa ditampung di anggaran daerah atau disebut APBD.

“Bapak/Ibu semua ini adalah anggota masyarakat yang terdaftar sebagai penduduk provinsi Sumatera Utara. Oleh karena itu, kita semua tercatat sebagai objek pajak yang memberikan kontribusi secara berkesinambungan bagi pembangunan daerah melalui pajak yang kita bayar.

Untuk pemerintah provinsi, kita yang memiliki kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, merupakan objek pajak yang menyumbang untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan untuk Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

“Setiap 1 liter BBM dari kendaraan bermotor yang kita gunakan, sudah dipungut 5% pajaknya oleh pemerintah provinsi Sumatera Utara. Setiap kita membeli kendaraan bermotor yang baru, selalu ada pajak PKB dan BBNKB yang sudah dikutip oleh pemerintah provinsi,” ujarnya.

“Saya sampaikan hal ini kepada masyarakat yang hadir, agar kita semakin mengetahui kewajiban kita dan bersemangat untuk membayar pajak, bahwa ternyata, Sumatera Utara yang besar ini, dibangun dari uang-uang kita, walaupun kita tinggal jauh dari pusat kota, sebaliknya pemerintah tidak boleh abaikan hak-hak kita sebagai warganya, ” ujar Muhri Fauzi Hafiz, kepada masyarakat yang hadir di acara resesnya.

KESEJAHTERAAN

Dalam sambutannya mewakili pemerintah Desa, Sekretaris Desa (Sekdes) Selayang meminta kepada Muhri Fauzi Hafiz selaku anggota DPRD, untuk bisa memperhatikan pembangunan kesejahteraan di desa ini. Menurutnya, desa Selayang saat ini membutuhkan pembangunan bidang ekonomi kerakyatan yang bisa meningkatkan ketrampilan para ibu rumah tangga, untuk membantu ekonomi keluarga.

Sebab, desa ini sudah dikelilingi perkebunan kelapa sawit yang tidak banyak menyerap tenaga kerja. Harapan Sekdes Selayang itu, didukung oleh salah satu peserta reses yang meminta agar pemerintah provinsi Sumatera Utara, memberikan fasilitasi berupa pelatihan keuangan mikro kepada para Ibu rumah tangga agar bisa mengelola keuangan dengan baik, serta minta dibantu tenaga ahli yang mau mengajari mereka ketrampilan dalam membuat produk kerajinan rakyat dari bahan baku lidi.

Anggota masyarakat lainnya yang hadir juga meminta, agar pengembangan ternak yang berasal dari kelompok tani di desa selayang bisa diperhatikan, soalnya, sektor peternakan sapi/kambing bisa mendukung peningkatan kesejahateraan rakyat di desa ini, yang banyak kebun kelapa sawitnya, ujar bang Abdullah, kepada, Muhri Fauzi Hafiz dalam kesempatan resesnya.

Di tempat yang sama, Babinkamtibmas dari kepolisian sektor kecamatan Selesai, Aiptu Ng Barus, mengatakan, bahwa saat ini pemerintah daerah perlu bersinergi dengan masyarakat dan kepolisian untuk membina generasi muda di desa. Seperti apa yang disampaikan presiden RI Jokowi, bahwa saat ini Indonesia sedang darurat narkoba. Maka, generasi muda di desa harus diperhatikan dengan melakukan kegiatan pembinaan baik secara formal di sekolah maupun kegiatan yang bisa meningkatkan prestasi seperti di bidang olahraga.

Acara reses yang dihadiri oleh pemerintah desa, jajaran kepolisian dan koramil, Aiptu Ng. Barus, Serda TNI Akmal, tokoh pemuda Gito Affandi, Agus Zulhamdi, Raguna, Wahab dan ratusan undangan yang hadir, diakhiri dengan pembacaan doa oleh Drs. Zulfikar Sitepu dari desa Lau Mulgap. (rel-ton)

Print Friendly