Sayuran Ini Lebih Sehat Bila Dimasak

sayur

Topik mengenai lebih sehat mana sayuran dikonsumsi mentah atau matang masih kerap diperbincangkan terutama oleh pegiat hidup sehat. Di satu sisi Anda dan mungkin beberapa orang lainnya akan berpikir bahwa sayuran mentah memiliki gizi yang utuh dibandingkan dengan yang dimasak karena bisa larut dalam air.

Namun faktanya tidak sesederhana itu. Pasalnya penelitian juga menemukan bahwa sayuran yang dimasak dengan dikukus, dipanggang, direbus, atau ditumis justru dapat memecah dinding sel sayuran sehingga nutrisinya dapat lebih mudah diserap tubuh.

Tapi tentu saja tak semua sayuran memiliki kelebihan ini. Setidaknya lima sayuran berikut memang lebih sehat jika diolah terlebih dahulu.

1. Wortel
Anda tentu sudah sering mendengar bahwa wortel baik untuk kesehatan mata Anda, tetapi apakah Anda tahu alasannya? Ya, ini terjadi karena senyawa yang disebut beta-karoten, yang berperan memberikan warna oranye pada wortel.

Penelitian pada tahun 2002, menemukan bahwa memasak wortel dapat meningkatkan jumlah beta-karoten yang mampu diserap oleh tubuh. Itu sebabnya wortel akan lebih bermanfaat jika dimasak sebelum dikonsumsi.

2. Tomat
Jika Anda membatasi diri Anda hanya untuk mengonsumsi tomat segar, maka Anda hanya mendapatkan sekitar 4 persen dari kandungan lycopene, antioksidan kuat yang terdapat dalam tomat. Itu karena tomat mentah memiliki dinding sel tebal yang membuatnya sulit diserap oleh tubuh kita.

3. Bayam
Ketika Popeye menelan sekaleng bayam, apakah bayam yang berperan membuat otot-ototnya menjadi terbentuk? Jika Anda berpikir zat besi dalam bayam yang berperan membentuk otot Popeye maka Anda mungkin benar. Tetapi kandungan lain seperti asam folat dan vitamin B juga berperan penting untuk pertumbuhan sel. Namun asam folat tinggi bisa Anda serap dari bayam jika memasaknya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

4. Asparagus
Sayuran berbatang hijau kaya akan vitamin A, C, dan E, serta folat ini memang diketahui berkhasiat melawan kanker. Tapi dinding sel yang tebal membuat nutrisi tersebut sulit diserap oleh tubuh. Memasak asparagus dapat membantu memecah sel sehingga tubuh bisa menyerap lebih banyak vitamin.

5. Labu
Labu sama seperti wortel, kaya akan antioksidan seperti beta-karoten, yang jauh lebih mudah untuk diserap tubuh setelah dipanaskan. Oleh karena itu jangan lupa untuk memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi ya! (womenshealthmag)

Print Friendly