Embarkasi Medan Siap Berangkatkan Calhaj Sumut

KANALMEDAN-MEDAN : Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan menyatakan sudah siap memproses pemberangkatan jemaah Calon Haji (Calhaj) Sumatera Utara.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kakanwil Kemenag Sumut Drs.H.T. Darmansah, MA saat menggelar konfrensi pers bersama  Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Medan Sutrisno, M.Si pada hari Senin  16 Juli 2018.

Plt Kakanwil Kemenag Sumut mengatakan, dari tinjauan lokasi di gedung penerimaan, Asrama Haji Medan dinilai sudah siap menerima Calhaj Embarkasi Medan.

“Pada tahun ini lokasi penerimaan jemaah merupakan gedung baru, dan pada saat penerimaan nanti perlu dipasang tenda di luar gedung untuk mengantisipasi agar jemaah tidak basah saat kondisi hujan,” ujarnya seperti dihimpun kanalmedan.com.

Terkait  visa, Darmansah menambahkan bahwa hingga saat ini, visa 14 Kelompok Terbang (Kloter) calon jamaah haji embarkasi Medan telah dibuat dan sisanya, delapan Kloter lagi akan disiapkan sebelum proses pemberangkatan calon jamaah haji tersebut.

“Visa tidak ada kendala. Sudah 14 Kloter disiapkan dan mungkin besok kita berangkat lagi untuk mengurus dokumen delapan Kloter lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala UPT Asrama Haji Medan, Sutrisno mengungkapkan saat ini  aula 1 Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan sedang  direvitalisasi, maka untuk  menampung para calon jamaah haji di laksanakan di Aula Jabal Nur.

“Aula Jabal Nur berkapasitas 900 orang dan itu sudah kita coba saat manasik akbar Pemko Medan dan Bank Sumut. Aula Jabal Nur itu cukup untuk menampung satu Kloter yang hanya berjumlah 393 orang dan termasuk tamu undangan menjadi 500 orang,” ungkapnya.

Terkait gedung asrama, Sutrisno menjelaskan bahwa pihaknya telah menyediakan 160 kamar di gedung Madinatul Munawarrah yang terdiri dari empat lantai.

“Untuk jamaah Resti akan kita tempatkan di lantai 1 dan jemaah lainnya di lantai 2,3 dan 4,” jelasnya. (Sormin)

Print Friendly