Guru Harus Terus Kembangkan  Profesi

guruKANALMEDAN-MEDAN : Guru harus terus mengembangkan dan meningkatkan profesinya dikarenakan tantangan profesi guru tersebut akan terus bergerak secara dinamis.

Untuk itu, guru harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada dengan salah satu cara melaksanakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) secara konsisten dan berkesinambungan.

Karena, program PKB diarahkan untuk dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang dimiliki guru saat ini dan telah menjadi tuntunan kedepan berkaitan dengan profesinya sebagai guru.

Demikian sambutan Plt Kakanwil Kemenagsu Drs H Tengku Darmansah MA didampingi Kabag TU HM David Saragih, Kabid Penmad H Mustapid MA dan Kasi PTK H Dahyar Husein MA pada acara workshop PKB dan Penilaian Kinerja Guru (PKG) tingkat MI di hotel Putra Mulia Medan,  pada Sabtu 2 Juni 2018 kemarin.

Dikatakannya, PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan kenderaan utama dalam upaya membawa perubahan  yang diinginkan berkaitan dengan keberhasilan siswa. “PKB mendorong guru untuk memelihara dan meningkatkan standar mereka secara keseluruhan mencakup bidang -bidang berkaitan dengan pekerjaannya sebagai profesi,” katanya.

Selain itu, diterangkannya, PKB juga memiliki arah dan tujuan yang jelas untuk peningkatan karir serta pengembangan kompetensinya termasuk juga dapat membantu peserta didik untuk memahami dan mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengetahuan dan pengalaman , strategi dan metode baru yang dimiliki gurunya.

“Adapun komponen PKB yang bisa diikuti guru, sebagaimana tertuang dalam buku pedoman pengelolaan PKB  mencakup: Pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif,” terangnya.

Oleh sebab itu, Plt Kakanwil berharap, melalui workshop ini, para guru semakin profesional dalam melaksanakan profesinya sebagai guru.

“Maka dari itu, para guru diharapkan agar mengikuti kegiatan dengan serius dan ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan di tempat tugasnya masing-masing,” harapnya. (Sormin)

Print Friendly