Akurasi Data Sangat  Penting Menunjang Tercapainya Tujuan

data

 

dataKANALMEDAN – Dalam penginputan data, Operator harus  meningkatkan kinerjanya agar data yang dihasilkan akurat, akuntabel, lengkap dan tepat waktu.

Sebab, peran data sangat penting dalam menunjang tercapainya tujuan dari suatu institusi.

Tujuan tersebut perlu mendapat dukungan sistem dan managemen yang baik, sehingga dapat mengelola data dan informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna data untuk menunjang perencanaan program nasional.

“Saya berharap, melalui kegiatan updating data emis Pakis ini, para operator dapat mempelajari dan menyempurnakan data dengan baik, karena data yang dijaring dari Kanwil Kemenagsu akan terkumpul di ditjen Pendis Pusat  dan selanjutnya data tersebut dikompilasikan menjadi database nasional,” kata Plt Kakanwil Kemenagsu Drs H Tengku Darmansah MA pada acara Up Dating  Data Emis Pakis se Sumut di hotel Putra Mulia Medan, Senin (23/4/2018).

Lebih lanjut Darman menjelaskan, konsep pendataan Emis Pakis Tahun 2017/2018, mengalami perubahan karena telah menerapkan konsep pendataan berbasis referensi.

Proses updating data dilakukan langsung oleh sumber data yaitu guru Pendidikan Agama Islam (PAI),  Pengawas PAI, operator sekolah , operator lembaga pondok pesantren melalui aplikasi emis online.

Oleh karena itu, Plt Kakanwil Kenenagsu berharap pada seluruh jajaran Pendis (pendidikan islam) agar mendukung gerakan pendataan  pendidikan islam satu pintu melalui sistem pendataan emis  karena melalui pendataan emis akan menjadi acuan dalam perencanaan program dan anggaran pendidikan islam.

“Pada seluruh  pengelola data baik dari bidang Pakis maupun dari lembaga pendidikan MDT, TPQ dan PPS supaya memberikan kontribusi  untuk percepatan pembangunan bangsa  sebab tidak ada kebijakan yang baik tanpa didukung oleh perencanaan yang baik dan tidak ada perencanaan yang baik tanpa didukung oleh data yang baik,” harap Darman.

Sementara itu ketua panitia, Hj Syafrida SAg mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 50 orang peserta terdiri dari operator MDT, TPQ dan Pesantren dan berlangsung selama tiga hari.

Hadir pada acara tersebut, kepala bidang pendidikan agama da  keagamaan islam  Drs H Burhanuddin Damanik MA, kasi PAI tingkat Menengah Hj Wan Khairunnisah MA dan kasi sistem informasi, Sari Putra. (sormin)

Print Friendly

Post source : Akurasi Data

About The Author

Related posts