Guru TKQ/TPQ Harus Kembangkan  Potensi Diri

KANALMEDAN- Keberadaan lembaga pendidikan keagamaan islam seperti Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan Taman Kanak kanak Quran( TKQ) sangat penting dalam rangka  menyiapkan generasi muda bangsa yang tangguh, berkarakter serta berahklakulkarimah dan mampu menghadapi berbagai tantangan global  yang semakin kompleks dan kompetitif.

Demikian sambutan Plt Kakanwil Kemenag Sumut di wakili Kabid Pakis H Burhanuddin Damanik MA didampingi kasi Pendidikan TKQ/ TPQ H Kamaluddin Siregar MA dan H Untung Nasution  pada acara peningkatan kualitas guru TKQ/TPQ di Grand Jamee Medan , Senin ( 12/3/2018).

Taman Pendidikan Alquran (TPQ) dan Taman Kanak kanak Quran (TKQ) adalah  salah satu wadah  lembaga pendidikan keagamaan islam  bagi anak  usia dini.

Menurut Burhan, TPQ/TKQ sebagai salah satu lembaga pendidikan  islam  non formal,  hendaknya  dikelola secara profesional  dan proporsional agar menjadi sebuah lembaga pendidikan yang  berdaya saing tinggi serta diminati dan dibanggakan masyarakat.

Salah satu elemen penting yang harus di benahi dan dipersiapkan, kata Burhan,   adalah tenaga kependidikan yang memiliki  SDM (Sumber Daya Manusia ) berkualitas  dan profesional.

Hal ini penting , karena tenaga kependidikan yang berkualitas dan profesional  sangat menentukan kualitas out put suatu lembaga pendidikan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kementerian agama khususnya bidang Pendidikan Agama dan   Keagamaan berupaya mengembangkan dan meningkatkan serta  mengasah potensi diri  guru TPQ/TKQ melalui kegiatan orientasi peningkatan kualitas guru.

Melalui kegiatan ini, diharapkan pengetahuan dan wawasan para guru khususnya guru  TPQ/TKQ  semakin luas dan mampu melakukan terobosan baru sehingga lembaga pendidikan islam di Sumut lebih maju, berkualitas dan diminati masyarakat.

“Marilah kita ikuti kegiatan orientasi ini dengan serius sampai selesai tiga hari kedepan dan menyerap ilmu dari beberapa nara sumber untuk memperkaya dan memperluas wawasan kita sebagai pendidik profesional,” harap Burhan. (Sor)

Print Friendly