MDTA Mempunyai Posisi Strategis Dan Mengakar

KANALMEDAN – MEDAN : Pendidikan keagamaan merupakan salahsatu elemen penting dan strategis bagi pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Hal ini karena pendidikan agama di samping sebagai wadah bagi transpormasi  ilmu pengetahuan agama juga merupakan sarana paling efektif dalam penanaman nilai-nilai moral spritual dan sosial keagamaan.

Demikian dikatakan Plt Kakanwil Kemenagsu diwakili Kabid Pakis H Burhanuddin Damanik didampingi  H  Kamaluddin Siregar  dalam acara peningkatan kualitas guru madrasah diniyah takmiliyah di Grand Jeme Medan, Senin (5/3/2018) kemarin.

Lebih lanjut Burhan mengatakan, kementerian agama telah melakukan terobosan guna menjadikan pendidikan agama di sumatera utara sebagai pendidikan yang berkualitas dan bermutu sesuai harapan masyarakat.

Dalam rencana strategis Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, kata Burhan,mencakup tiga aspek  yaitu perluasan akses, peningkatan mutu dan daya saing serta tata kelola pendidikan.

Terkait dengan kebijakan tersebut, lanjut Burhan, maka Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) mempunyai posisi strategis.

Posisi strategis tersebut antaralin karena MDT mempunyai akar dan pengaruh kuat di masyarakat dan MDTA mempunyai peran cukup  kuat dalam komitmen menegakkan nilai-nilai religiutas, kebangsaan dan kemanusiaan.

Mencermati hal  tersebut, Burhan berharap pada peserta agar mengikuti dan memanfaatkan workshop ini dengan sebaik mungkin, sehingga ilmu pengetahuan dan wawasan semakin bertambah luas.

“Mari kita ikuti acara ini hingga selesai dan ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan di tempat tugas masing-masing,” harap Burhan. (Sor)

Print Friendly