Ribuan Siswa MDTA Kota Medan Manasik Akbar

imran harahap

imran harahapKANALMEDAN- Ribuan siswa/i Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ( MDTA) se kota Medan manasik haji akbar di Asrama Haji Medan, Rabu (31/1/2018) mendatang.

Demikian dikatakan  Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Kegamaan Islam ( Pakis) Kemenag Kota Medan Drs H Imran Harahap MM (foto)  di ruang kerjanya, Selasa (30/1/2018).

Menurut Imran, manasik haji tahun ini akan di ikuti lebih dari seribu orang siswa/i dari berbagai MDTA yang ada di kota Medan. Tujuannya antaralain  untuk memberikan pembelajaran praktek  dengan  peragaan manasik haji dan memperkenalkan pada siswa/i miniatur kabbah serta tempat-tempat yang harus dilaksanakan seseorang ketika melaksanakan ibadah  haji di tanah sici Mekkah.

Dengan peragaan manasik haji, diharapkan para siswa khususnya siswa  MDTA kota Nedan   akan memiliki pengetahuan dan pengenalan dasar tentang ritual ibadah haji.

“Diharapkan, melalui manasik haji, siswa tidak hanya tau secara teori tetapi juga praktek ibadah haji yang sebenarnya,” kata Imran yang juga telah melaksanakan ibadah haji pada tahun 2017.

Manasik haji  siswa MDTA tahun 2018 beda dengan manasik haji tahun sebelunya. Sebab, sebelumnya dalam praktek manasik ada hal-hal yang terlewatkan seperti mabid di musdalifa,  bermalam di Mina dan melontar jumroh.

“Beberapa item tersebut di atas , selama ini terlewatkan. Padahal,  itu juga sangat perlu dan penting  diketahui siswa” ujar Imran.

Dalam kesempatan itu, Imran juga menjelaskan, bahwa, Kemenag Medan dalam hal ini seksi Pakis menjalin kerjasama dengan IPHI Kota Medan untuk memberikan pelatihan pembimbing manasik haji bagi guru PAI tingkat SD, SMP , SMU dan madrasah.

“Kita sudah melaksakan pembimbingan pada 100 orang guru PAI tingkat SD, SMP, SMU dan madrasah pada tahun 2017”,  jelas Imran seraya menambahkan bahwa dalam tahun 2018 ini juga diprogramkan akan memberikan pembinaan pembimbing dengan jumlah peserta lebih banyak lagi.

Kedepan, kata Imran, orangtua  siswa TKQ dan TPQ yang mendampingi anaknya manasik agar ikut juga melaksanakan manasik. (Sor)

Print Friendly

Post source : Manasik Haji Akbar

About The Author

Related posts