Berbagi Pengalaman, Jejaring Ombudsman Gelar Pertemuan Berkala

berkala4KANALMEDAN – OMBUDSMAN Republik Indonesia perwakilan Sumut menggelar pertemuan berkala ke-IV dengan jejaring Ombudsman Sumut. Acara dirangkai dengan berbagi pengalaman oleh Fajar Anugerah Tumanggor, jejaring Ombudsman Sumut yang terpilih menjadi peserta terbaik dalam pertemuan jejaring Ombudsman RI seluruh Indonesia di Bekasi pekan lalu.

Pertemuan ini juga merupakan pertemuan berkala jejaring Ombudsman terakhir di tahun 2017.

Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumut, Abyadi Siregar dalam sambutannya saat membuka acara tersebut mengatakan saling berbagi pengalaman antar sesama jejaring ini sangat penting untuk memudahkan kerja jejaring Ombudsman dalam mendampingi masyarakat.

“Saling bebagi pengalaman ini sangat penting bagi jejaring Ombudsman. Sebab, dari pengalaman teman-teman tersebut jejaring lainnya bisa mereplikasi dan mencontoh dalam melakukan pendampingan terhadap korban maladministrasi,” ujar Abyadi Siregar didampingi asisten Ombudsman Sumut, Edward Silaban, Hana Ginting dan Dearma Sinaga

Selain itu juga, Abyadi menyebutkan, saling berbagi pengalaman itu juga sangat penting bagi jejaring. Terutama dalam membangkitkan sensitfitas. “Terpenting dari saling berbagi ini kita bisa lebih membangkitkan sensitifitas terhadap buruknya pelayanan publik. Sehingga kita bisa membantu korban maladministrasi atau mengarahkannya untuk melapor ke Ombudsman,” sebutnya.

Dalam kaitan itu, Abyadi Siregar menjelaskan, tiak ada salahnya kita memperkanalkan diri sebagai jejaring Ombudsman. “Guna membangun sinergitas, tidak ada salahnya kita memperkenalkan diri sebagai jejaring Ombudsman,” jelasnya.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sumut ini mengimbau kepada jejaring Ombudsman untuk saling berkomunikasi. “Bentuk komunikasi dengan jejaring Ombudsman. Tujuannya sebagai upaya penajaman pendampingan. Kesimpulannya, Ombudsman sudah menyiapkan wadah untuk mengawasi pelayanan publik lewat pertisipasi masyarakat dalam bentuk jejaring Ombudsman ini,” imbau Abyadi.

Senada dengan Abyadi, Hana Ginting, asisten Ombudsman Sumut mengatakan bahwa pendampingan yang dilakukan jejaring Ombudsman ini merupakan kegiatan yang mulia. “Ini proyek hati nurani yang menggugah hati untuk melakukan perbaikan dimulai dengan hal terkecil di bidang pelayanan publik. Ketika melihat buruknya pelayanan publik, di situ kita akan tampil,” kata Hana.

Sementara itu, koordinator jejaring Ombudsman Sumut, Fajar Anugerah Tumanggor yang terpilih menjadi peserta terbaik dalam pertemuan jejaring Ombudsman seluruh Indonesia dalam kesempatannya berbagi pengalaman mengatakan bahwa dirinya sangat kagum dengan jejaring Ombudsman NTT dan Yogyakarta. Oleh sebab itu, kata Fajar, ia menginginkan adanya terobosan dari jejaring Ombudsman Sumut seperti jejaring-jejaring Ombudsman di kota-kota tersebut.  (Adek)

Print Friendly