Susilawati : Peringatan Hari Guru Momentum Penguatan Karakter

hariguruKANALMEDAN – Bakal calon (Balon) Gubernur Sumatera Utara, Susilawati yang akrab disapa Sisi meminta pemerintah harus mengutamakan kualitas pendidikan. Hal itu dapat diwujudkan jika kesejahteraan  guru ditingkatkan.

Sebab, menurutnya, hingga hari ini, nasib guru di Indonesia seoalah terabaikan, terlebih guru honorer. “Apabila kesejahteraan guru tidak diutamakan, maka akan berdampak negatif bagi lingkungan pendidikan, dapat dipastikan para guru tidak akan maksimal menjalankan profesi mulianya jika kesejahteraannya  tidak diperhatikan,” ujar Sisi, di Medan ketika dimintai pendapatnya seputar  peringatan hari Guru 2017, Sabtu, (25/11/2017).

Dalam kaitan itu, Sisi menyebutkan, semangat para guru tidak sekuat apabila kesejahteraan mereka diperhatikan.  Hal ini dapat berdampak pada karakter  para guru dalam menjalankan profesinya sebagai tenaga pendidik. “Sekarang tidak jarang kita temui guru saat memberikan bahan ajar seringkali melakukan tindakan kekerasan fisik maupun psikis terhadap muridnya. Hal ini harus dihindari karena selain memakan korban, tindakan itu akan menghasilkan kualitas anak didik yang rendah ,” sebutnya.

Begitupun, alumni Lemhanas ini mengapresiasi pemerintah yang telah mengalokasikan 20 persen dalam APBN/APBD untuk pendidikan. Akan tetapi, dana itu seharusnya jangan dipergunakan oleh oknum tertentu untuk meraup keuntungan. Sebab, tidak jarang Apartur Sipil Negara (ASN) menggunakan dana itu untuk penidikan dan latihan mereka. “Padahal, definisi pendidikan  adalah proses belajar mengajar  yang dilakukan secara terus menerus baik di dalam ruangan maupun luar rungan seperti kegiatan ekstra kurikuler ataupun study banding, agar siswa yang telah memahami teori – teori diajarkan dapat mengimplementasikannya. Untuk inilah alokasi 20 persen itu, bukan untuk Diklat para ASN dan lain sebagainya,” kesalnya.

Oleh sebab itu, kader Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini mengajak semua pihak untuk menjadikan momentum peringatan hari guru ini sebagai awal perubahan menuju pendidikan yang berkualitas dengan penguatan karakter sesuai dengan tema hari guru 2017 ini. “Membangun Pendidikan Karakter melalui keteladanan guru adalah tema peringatan tahun ini. Tema ini berkaitan dengan Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan karakter yang antara lain menyebutkan guru merupakan sosok yang utama dalam satuan pendidikan. Oleh karena itu, marilah lebih perduli dengan guru,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, Sisi juga mengapresiasi para guru yang telah mendidik siswanya dengan setulus hati. Sebab, kondisi atau jabatan yang diraih sesorang saat ini tidak terlepas dari peran guru. “Siapapaun kita saat ini dengan segala karir, profesi dan prestasi yang kita capai, tidak terlepas dari peran guru yang telah mendidik kita, oleh karena itu, pada peringatan hari guru kali ini kita mengapresiasi dan mengenang jasa para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut,” imbuhnya.

Sebelum mengakhiri, Sisi tidak lupa mengucapkan selamat kapada guru di seluruh Indonesia, terkhusus untuk para guru di Sumatera Utara. “Selamat hari guru untuk para  guru Indonesia khususnya di  Sumatera Utara. Didik dan bentuklah karakter anak bangsa  menjadi  pribadi yang berani, mandiri dan bertanggung jawab dengan selalu semangat menjalankan  profesi  mulianya, jangan pernah lukai perasaaan anak didik kita, karena mereka adalah harta terbesar bagi Bangsa Indonesia,” tandasnya. (Adek)
Print Friendly