Sajikan Coki Nuget, Sumut Juara I Lomba Masak Serba Ikan Nasional

lombaKANALMEDAN – Provinsi Sumatera Utara  meraih Juara I kategori Menu Kudapan pada acara Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional ke-15 di Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Ketua TP PKK Evi Diana Erry Nuradi menerima hadiah  dan trophy yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Ir Nilanto Perbowo, M.Sc bersama Ketua Umum TP PKK Dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Dalam kegiatan lomba yang merupakan rangkaian Hari Ikan Nasional tersebut Sumatera Utara juga meraih Juara Harapan II untuk kategori Menu Keluarga. Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional ke-15 dengan bahan baku ikan patin diikuti oleh para pemenang Lomba Masak Tingkat Provinsi yang di selenggarakan Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari 29 Provinsi.

Untuk Sumatera Utara, DeliSerdang diutus menjadi duta Sumut setelah berhasil memenangkan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi yang di gelar di halaman Kantor Gubsu pada Selasa (14/11/2017) yang diikuti oleh 17 peserta.

Menu yang disajikan Sumut sehingga berhasil memenangkan hadiah pertama adalah Coki Nuget berbagan dasar ikan nila, cokelat batang, tepung terigu dan pisang serta telur. Sedangkan menu keluarga yang memenangkan juara Harapan II, tim asal Sumut menyajikan menu yaitu Tajam Paten (Tauco Jangek Paten Enak), Rainbow Patin dan Asam pucuk labu.

Evi Diana mengatakan pihaknya bersyukur dengan prestasi yang diraih. “Semoga dengan keberhasilan ini menjadi cambuk untuk meningkatkan kreativitas terutama dalam menciptakan kreasi menu barbahan ikan,” ujar Evi Diana.

Menurut Evi, melalui berbagai kreasi menu diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI No 3 tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional dan bertepatan dengan Peringatan World Fisheries Day atau Hari Perikanan Dunia. Pada tahun ini, Indonesia memperingati HARKANNAS untuk keempat kalinya dengan tema “Ikan Untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Tujuan dari peringatan Hari Ikan Nasional Ke4 Tahun 2017 adalah meningkatkan konsumsi ikan masyarakat dengan menjadikan makan ikan sebagai budaya nasional mengingat ikan sebagai asupan pangan memiliki keunggulan kandungan gizi, ragam pilihan ikan dan ragam kreasi olahan. Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke-4 dilaksanakan di area Pelataran Keong Mas selama 4 (empat) hari dari tanggal 18 – 21 November 2017.

Acara puncak peringatan Harkannas Ke-4 tanggal 21 November 2017 akan dipimpin oleh Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dan akan menghadirkan Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Pusat, Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Provinsi, Dinas Kelautan dan Perikanan seluruh Indonesia (34 Provinsi), Organisasi Mitra Gemarikan (29 organisasi), Asosiasi Perikanan, Kementerian/Lembaga terkait dan pelaku usaha/UKM perikanan.

Adapun rangkaian acara Peringatan HARKANNAS ke-4 adalah pelaksanaan Indonesia Seafood Expo 2017 tanggal 18-21 November 2017 akan diikuti oleh 32 booth provinsi dan 16 booth UKM/Mitra KKP, festival Perikanan Nusantara (FPN) tanggal 20-21 November 2017 akan diikuti oleh 34 UKM Provinsi yang menampilkan kuliner nusantara berbahan baku ikan dan lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional ke-15. (Adek)

Print Friendly