Gubsu Ajak Semua Elemen Dukung Pelestarian Hutan Tropis

hutantropisKANALMEDAN- Gubernur Sumatera Utara Dr Ir HT Erry Nuradi MSi mengajak  kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga kelestarian hutan tropis. Karena  ini memberi keuntungan besar bagi masyarakat sekitar dan juga masyarakat bahkan di perkotaan.

Demikian dikatakannya pada saat membuka Expo Aksi Koservasi Hutan Tropis Sumut, Senin (20/11/2017) di Lapangan Merdeka Medan.

Hadir pada acara tersebut Consul of The United Stated of Amerika in Sumatera Mr Juha P Salin, Dirjen KSDAE Kemen LHK Ir Wiratno, Ketua Pengarah sekaligus Direktur Eksekutif  Yayasan KEHATI MS Sembiring, Chairman of TFCA -Sumatera Prof Jatma Suprianta, Kepala Balai Besar Konservasu SDA Hotmauli Sianturi, Kepala Balai Besar Gunung Lauser Misran.

Acara yang berlangsung selama tiga hari dimulai hari ini 20 hingga 22 November  2017 dan melibatkan TFCA Sumut, KEHATI dan LCP (Louser Conservetion Patnership). Pada kesempatan itu, selain mengunjungi stan pameran, Gubernur juga menandatangani pernyataan atas kain sebagai wujud aspirasi 10.000 Tanda Tangan Untuk Dukungan Kelestarian Hutan Tropis.

Gubsu Tengku Erry dalam sambutannya mengatakan Pemprovsu mengapresiasi seluruh upaya pelestarian lingkungan yang sudah dilakukan berbagai pihak yang juga nyata manfaatnya bagi masyarakat. “Saya yakin manfaatnya yang dinikmati oleh masyarakat sekitar hutan pada gilirannya akan bermuara pada peningkatan kualitas alam lingkungan,” kata Gubernur.

Gubernur menyebutkan, dari  Expo yang digelar, masyarakat bisa melihat nilai ekonomi yang sangat strategis dari pemafaatan lingkungan tanpa harus merusak. “Saya sangat gembira menyaksikan berbagai promosi dari produk dampingan mitra dan manfaat hutan tropis yang ada di Sumatera, baik produk hasil hutan maupun jasa lingkungan yang bernilai ekonomi , tentunya ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan,” sebut orang nomor satu di provinsi Sumut ini.

Menurut Gubsu Provinsi Sumatera Utara memiliki kawasan hutan hujan tropis yang cukup luas yaitu seluas 3.065.796 Ha. Luas hutan tersebut menempati 42,85 persen dari total luas wilayah Sumut yaitu seluas 427.008 Ha. Dari kawasan hutan  tersebut diantarannya merupakan kawasan konservasi  yaitu yang dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Lauser, Taman Nasional Batang Gadis Konservasi Dua Alam dan Taman Hutan Raya Bukit Barisan. Seluas 1.206.881 Ha merupaka  kawasan hutan lindungan dan seluaa 1.421.896 Ha adalah merupakan kawasan hutan produksi.

Tidak hanya itu, Gubsu  menuturkan, pada tanggal 3 November 2017 yang lalu telah dipublikasi penemuan spesies baru orangutan Tapanuli di kawasan hutan Batang Toru. Kawasan Batang Toru termasuk dalam kawasan hutan lindung seluas sekitar 133.841 Ha, yang meliputi wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan. “Kawasan hutan lindung ini masih merupakan  hutan alam dengan kondisi yang sangat bagus , belum terjamah dan diharapkan dengan program TFCA -Sumateta maka kelestarian hutan dan keanekaragaman hayatinya lebih terjamin lagi pada masa-masa  datang,” tuturnya.

Sementara Consul of The United Stated of Amerika to Sumatera Mr Juha P Salin mengatakan sejak tahun 2009, Pemerintah Amerika Serikat (AS) sepakat untuk menghapus utang luar negeri Indonesia, sebesar hampir 30 juta dolar AS selama 8 tahun. Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menyalurkan dana pembayaran utangnya pada Pemerintah Amerika Serikat yang ditampung dalam satu rekening khusus  untuk mendukung penyediaan dana hibah bagi perlindungan dan pebaikan hutan tropis Indonesia. “ Pemerintah Amerika Serikat melalui TFCA sudah mengucurkan dana sebesar Rp  205 miliar kepada 70 organisasi masyarakat yang bergerak pelestarian  hutan tropis,” tandasnya. (Adek)

Print Friendly