Ribuan Anak Taman Al Qur’an di Medan Ikut Manasik Haji

Plt  Kemenag Medan H Negara Pohan MA  dan kasi Pakis Imran Harahap MM  melepas peserta  manasik.(Kanalmedan/Sormin)
Plt Kemenag Medan H Negara Pohan MA dan kasi Pakis Imran Harahap MM melepas peserta manasik.(Kanalmedan/Sormin)
Plt Kemenag Medan H Negara Pohan MA dan kasi Pakis Imran Harahap MM melepas peserta manasik.(Kanalmedan/Sormin)

KANALMEDAN – Belajar diwaktu kecil  bagaikan mengukir diatas batu, belajar diwaktu tua ibarat  mengukir diatas air.

Demikian  dikatakan  Plt Kakan Kemenag Medan H Negara Pohan pada acara  peragaan manasik haji Pokja TKQ/TPQ ( Kelompok kerja  Taman Kanakkanak Quran dan Taman Pendidikan Quran)  se Kota Medan, kerja sama dengan Seksi Pakis Kemenag Medan, di Asrama Haji, Kamis (12/10/2017).

Menurut Nepo, peragaan manasik haji bagi anak usia dini merupakan  suatu proses pembelajaran dan pembiasaan yang amat baik. Karena melalui peragaan manasik haji. Para siswa bisa  mengenal dan merasakan  langsung  tahapan ritual ibadah haji seperti sai, tawap dan rukun haji lainnya.

Tentu saja, kata Nepo, para orangtua yang ikut mendampingi anaknya juga akan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang perhajian.

Dalam kesempatan tersebut, Negara Pohan (  Nepo) berharap pada orangtua  siswa, kiranya  tergugah hatinya  untuk melaksanakan dan menunaikan  rukun Islam  kelima ke tanah suci Makkah.

“Semoga dengan manasik haji ini para siswa  dan juga   orang tua yang mendampingi anaknya   dapat lebih mengetahui ritual ibadah haji”.

Ia juga mengucapkan terimakasi pada semua pihak baik Pokja, seksi Pakis, pihak sekolah, guru dan orang tua, yang telah bekerjasama mensukseskan acara .”Semoga kegiatan  ini dihitung sebagai ibadah disisi Allah SWT,” kata Negara Pohan yang juga sebagai petugas  haji Tahun 2017.

Sementara itu, Kasi Pakis  Kemenag Medan H. Imran Harahap, mengatakan, peserta peragaan manasik haji  berjumlah 2114 siswa dari 72 TKQ/TPQ se kota Medan.

Manasik bertujuan untuk mengedukasi siswa TPQ/TKQ agar lebih mengenal  tempat tempat yang dikunjungi seseorang ketika melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah.Seperti Sai, Tawap, lempar jumroh dan rukun serta wajib haji lainnya.

“Melalui manasik haji ini, diharapkan pengetahuan dan pengenalan  para siswa semakin bertambah, sehingga mereka mengenal langsung miniatur kabbah dan apa yang dikerjakan disitu juga sai dan rukun haji lainnya” kata Imran yang tahun ini  telah melaksanakan ibadah haji.

Hadir pada acara manasik tersebut Ketua Pokja TKQ/TPQ Kota Medan  Iswani Nasution, Ketua Panitia Zulkarnain, Pengurus Pokja Kota Medan, para muthawif, guru  dan juga  wali siswa. (Sormin)

Print Friendly

About The Author

Related posts