Amankan Kunjungan Presiden, TNI – Polri Gelar Pasukan

gelarpasukanKANALMEDAN  – Guna mengamankan kunjungan Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo di wilayah Provinsi Sumut, sebanyak 1029  pasukan gabungan disiagakan.

Seribuan pasukan yang terdiri dari 300 personil polri, 669 personil TNI AD serta 60 personil TNI AU mengikuti apel gelar pasukan di Lapangan Benteng Medan, Kamis, (12/10/2017) sore pukul 15.00 WIB.

Kapolda Sumut, Irjend Pol Paulus Waterpauw bersama Pangdam I / BB, Mayjen TNI Cucu Somantri memimpin gelar pasukan.

Dalam sambutannya, Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw mengatakan, sebagai Kapolda Sumut yang baru, beliau memohon dengan sangat agar seluruh personil mempedomani semua aturan dalam menjalankan tupoksinya masing – masing. “Laksanakan tugas dengan tanggung jawab dan komitmen yang tinggi. Fokuskan perhatian hingga kegiatan berakhir,” kata Paulus.

Orang nomor satu di Mapolda sumut ini menyerukan kepada seluruh personel untuk mencintai dan memaknai tugas. “Siapapun kita. Kita ada untuk masyarakat. Cintai dan maknai tugas dengan loyalitas tinggi sehingga semua  yang diemban terasa ringan. Jangan lengah dan tetap waspada terhadap apapun yang mungkin akan terjadi di lapangan,” seru mantan Wakil Kepala Badan Intelejen Mabes Polri ini.

Selain itu, alumnus Akpol tahun 1987 ini meminta kepada seluruh perwira untuk mengenali personilnya masing – masing, termasuk dalam kaitan di mana letak ploting agar mudah melakukan pengawasan dengan baik. “Berkoordinasi dengan Dandim maupun Kapolres jajaran guna mengisi kekurangan personil.
Kita doakan bersama agar kegiatan berjalan dengan lancar,” pinta Kapolda.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri menegaskan, soliditas TNI – Polri merupakan kunci dalam rangka menjaga stabilitas keamanan. “Tanamkan bahwa ini adalah panggilan tugas kita sebagai prajurit TNI dan Polri. Kita hadir untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang diamanatkan Undang – undang kepada kita,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kodam I / BB ini mengucapkan terima kasih atas soliditas antara TNI – Polri selama ini. “Terimakasih atas kekompakan dan kebersamaan yang sudah terjalin selama ini di Sumut. TNI – Polri Solid”, ucap Pangdam I/BB.

Pantauan di Lapanagan Benteng, usai memberi arahan dalam gelar pasukan tersebut, Kapolda Sumut dan Pangdam yang didampingi seluruh pejabat utama Polda Sumut dan Kodam I / BB menyempatkan diri mengecek pasukan dan sejumlah persenjataan.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo akan berada di Sumatera Utara selama dua hari kedepan. Agendanya antara lain meresmikan ruas jalan tol Kualanamu – Tebingtinggi dan Kualanamu – Binjai. (Adek)

Print Friendly