Rezita Agnesia Siregar Pemenang Utama Blog Competition

Rezita Agnesia Siregar (tengah).
Rezita Agnesia Siregar (tengah).

KANALMEDAN -Rezita Agnesia Siregar berhasil menjadi Pemenang Utama Blog Competition yang digelar serangkaian Inspirasi 60 Tahun Astra di Medan. Agnesiarezita pemilik blog www.agnesiarezita.com tersebut memenangkan kompetisi ini melalui perlombaan penulisan yang kompetitif dengan tema “Bagaimana Medan Membangun Kota Tertib Lalu Lintas dan Menginspirasi Indonesia”.

Rezita yang sehari-hari bertugas di Biro Humas dan Keprotokolan Pemprov Sumut ini menjawab wartawan di Kantor Gubsu di Medan, Kamis (28/9/2017) bersyukur menjadi juara pada kompetisi ini. Alumni S1 Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara ini menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang memotivasinya giat menulis di blog, terutama kedua orangtuanya Drs Syamsul Torkis Siregar dan Rina Anugrahwati Nasution SH.
Putri kelahiran Medan, 18 Agustus 1993 dan anak kedua dari empat bersaudara ini mengemukakan kompetisi blog yang diikutinya ini dalam rangka memeriahkan ulangtahun PT Astra International Tbk ke 60 tahun yang bertajuk Inspirasi 60 Tahun Astra.
“Astra menggelar roadshow ke lima kota di Indonesia, setelah sebelumnya di Yogyakarta dengan tema Astra Hijau sekaligus memperingati Hari Bumi, kemudian Astra Cerdas di Balikpapan sebagai bentuk peringatan untuk Hari Pendidikan, Astra Kreatif di Surabaya untuk Hari Koperasi, giliran Medan dengan tema Indonesia Ayo Aman Berlalu lintas sebagai peringatan Hari Lalu Lintas pada tanggal 23 September 2017,” jelasnya.
Rezita yang pernah menjadi jurnalis dalam Organisasi Pers Kampus Dinamika UIN Sumatera Utara dan kini menjabat sebagai pengurus di Komunitas Blogger Medan mengemukakan selain roadshow yang dilakukan sebagai peringatan Hari Lalu Lintas, Astra juga mengadakan lomba blog SATU Indonesia berbagi bersama Penerima SATU Indonesia Awards dengan tema “Bagaimana Medan Membangun Kota Tertib Lalu Lintas dan Menginspirasi Indonesia.”
Lomba yang dikhususkan untuk para blogger di Medan ini mengundang antusias para blogger, terkhusus Agnesiarezita pemilik blog www.agnesiarezita.com yang akhirnya terpilih sebagai pemenang utama menjadi Pemenang Blog Competition Inspirasi 60 Tahun Astra di Medan.
Dengan judul tulisan “Menjadikan Medan Duta Kota Tertib Lalu Lintas” Agnesiarezita menuliskan ide bagaimana agar lalu lintas di kota Medan tertib dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas.
Dengan penerapan e-tilang, Agnesia menyarankan agar Kota Medan memiliki CCTV yang bisa melihat hingga Plat Polisi kendaraan dan tersebar di semua jalan di kota Medan. Kemudian plat polisi yang terekam CCTV akan terdaftar di situs yang dibuat pemerintah.
Situs tersebut diharapkan akan dikelola dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat yang harus login menggunakan plat polisi yang dimilikinya, akan terpampang bukti rekaman CCTV saat pemilik kendaran melanggar lalulintas. Situs ini dibuat untuk melihat bukti pelanggaran. Sedangkan denda yang harus dibayar akan dibebankan ke pembayaran pajak kendaraan.
Ide ini disarankan guna meminimalisir tingkat pungli pada polisi agar tidak ada uang yang keluar secara langsung, hanya dengan melihat bukti secara online maka pengendara tahu pelanggaran yang ia lakukan.
Selain itu, Agnesia juga memaparkan empat langkah sederhana untuk keselamatan berlalu lintas yaitu menggunakan pengaman dan melengkapi dokumen kendaraan, mematuhi rambu-rambu lau lintas, mengutamakan naik kendaraan umum daripada kendaraan pribadi, dan memberikan hak pada pejalan kaki.
Ide-ide tersebut diharapkan mampu membawa Kota Medan sebagai Duta Kota Tertib Lalu Lintas dan terbebas dari praktik pungli. Sebagai pemenang lomba blog ini, Agnesia mendapatkan hadiah sebuah Laptop Lenovo V310 dan uang saku. Selain itu, Agnesia juga mengikuti seluruh rangkaian HUT Astra mulai dari Aceh, Medan hingga Binjai.
Rezita yang sudah menulis Blog sejak 2012 ini udah memenangkan beberapa lomba blog nasional diantaranya Juara Satu lomba Blog oleh Bank Sumut, juara satu lomba Blog oleh Oke Shop, dan lomba menulis lainnya. Memiliki beberapa buku antologi bersama para penulis di Indonesia, tulisannya juga pernah tampil di Media lokal kota Medan.(Rel)
Print Friendly