Gubernur Tengku Erry Dorong Hortikultura Sumut Tembus Pasar Global

tani2KANALMEDAN: Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi resmi membuka Pekan Pasar Petani Sumut 2017 di lapangan KB Kompleks Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang di Lubuk Pakam, Selasa (12/09/2017).

Turut mendampingi Gubsu Ketua TP PKK Provsu Evi Diana Sitorus, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu M Azhar Harahap, Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu Dahler.

Pembukaan Pekan Pasar Petani Provsu 2017 ini juga ditandai dengan pengguntingan pita dan balon oleh Ketua TP PPK Provsu Evi Diana. Ketua TP PKK Provsu juga berkesempatan memberikan bantuan 9.000 batang bibit buah-buhan, tanaman hortikultura kepada TP PKK Kecamatan di Sumut.

Selain itu turut dilakukan penandatangan MoU antara petani dan pelaku usaha yang dipimpin Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura M Azhar Harahap disaksikan Gubsu Tengku Erry Nuradi.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Tengku Erry menyebutkan, Pekan Pasar Petani yang digelar selama empat hari mulai 12 sampai 15 September 2017 ini merupakan upaya Pemeritah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) untuk terus mendorong produk-produk hortikultura unggulan yang ada di Sumut agar semakin dikenal masyarakat luas.

Baik ditingkat lokal, nasional maupun pasar global. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat (public awareness) terhadap produk pertanian. Khususnya tanaman pangan dan hortikultura serta menciptakan peluang pasar bagi petani produsen.

Sebelumnya Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura M Azhar Harahap mengatakan bahwa Pekan Pasar Petani Provsu Tahun 2017 Dinas Pertanian Kabupaten Kota dengan petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani dan SKPD Provsu serta stakeholder bidang pertanian seperti Bulog Divre Sumut.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama berlangsungnya Pekan Pasar Tani diantaranya pameran komoditi tanaman pangan dan hortikultura unggulan sumut, lomba buah unggulan Sumut, lomba merangkai buah dan sayur, lomba mengukir buah, dan investmen forum.  Selain itu juga ada perlombaan yang melibatkan pelajar dari tingkat taman kanak-kanak sampai sekolah menengah pertama yaitu lomba mewarnai, menggambar dan pidato.(hms)

Print Friendly