PDAM Tirtanadi Terapkan Pembayaran Pasang Baru Secara Online

Eddie dan Sutedi serta para pejabat kedua BUMD menyaksikan langsung pembayaran pemasangan baru air secara tunai oleh salah seorang pelanggan di teler Bank Sumut lantai 2 sebesar Rp 1.750.000. Dilanjutkan lagi dengan pembayaran secara online di ATM Bank Sumut di lantai dasar dengan sistim debit sebesar Rp 1.750.000 berlangsung dengan lancar.
Eddie dan Sutedi serta para pejabat kedua BUMD, menyaksikan pembayaran secara online di ATM Lantai Dasarc Bank Sumut. (kanalmedan/Humas)

 

KANALMEDAN – Dua BUMD Pemprovsu yakni PDAM Tirtanadi dan Bank Sumut menandatangani addendum perjanjian kerjasama, dalam hal pembayaran pasang baru dan non air lainnya secara online.

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo dan Direktur Utama Bank Sumut Eddie Rizliyanto di Ruang Rapat Direksi Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa pagi (12/9/2017).

Turut hadir  Sekretaris Perusahaan Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar, Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Nursyam, Pemimpin Bank Sumut  Cabang Koordinator Medan Syafrizalsyah.

Sedangkan dari PDAM Tirtanadi Direktur Air Minum Delviyandri, Kadiv Sekretaris Perusahaan Jumirin, Kadiv Keuangan Syaiful Bahri dan Kadiv SIM Cece Harahap.

Dirut Bank Sumut Eddie Rizliyan dalam sambutannya memberi appresiasi setinggi-tingginya pada PDAM Tirtanadi, yang tetap menjalin kerjasama dengan sesama BUMD Pemprovsu yang sebelumnya sudah dilakukan dalam hal pembayaran tagihan air secara online.

Disebutnya,  antara Bank Sumut dan PDAM Tirtanadi telah menjalinkan kerjasama sejak 2014.

Ada 3 jalinan kerjasama  yakni pelayanan pembayaran tagihan air PDAM Tirtanadi secara online melalui deliveri chanel bank( Teller, ATM dan news SMS Banking), pembayaran gaji pegawai PDAM Tirtaandi dan melayani kredit multiguna dan KPR pegawai dan ditambah dengan pembayaran pemasangan baru ini.

Melalui  pengembangan layanan pembayaran  air ini secara keseluruhan dan terintegrasi akan dapat mempermudah, baik transaksi para pelanggan air maupun dalam pengelolaan sistem penerimaan di PDAM Tirtanadi sendiri.

Dari sinergi BUMD, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan pertumbuhan ekonomi di Sumut.

Dia juga mengatakan, saat ini Bank Sumut memiliki jaringan operasional sebanyak 284  kantor, di antara 49 di Medan dan 265 ATM tersebar di Sumut termasuk di Jakarta.

Diharapkan jaringan ini dapat melayani kebutuhan para pelanggan yang ada di Medan maupun di luar Medan.

“Sebagai BUMD kami siap lebih dekat lagi memberi pelayanan bagi nasabah,” ungkapnya.

Eddie menambahkan, Bank yang dipimpinnya saat ini memiliki total aset mencapai Rp 33 Triliun. Hal ini menjadikan Bank Sumut  menjadi Bank terbesar di luar Pulau Jawa dan BPD (Bank Pembangunan Daerah) rangking ke-5 di Indonesia.

Pungli

Di kesempatan itu Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo menyebutkan, dalam upaya memberi pelayanan kepada para pelanggan, dia memberi appresiasi pada Bank Sumut yang telah bersedia bersama sama sebagai BUMD di Provinsi Sumatera Utara untuk memberi pelayanan kepada para pelanggan di Medan maupun 6 kabupaten di bawah operasional PDAM Tirtanadi.

Sebelumnya, kata Sutedi, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Bank Sumut dalam hal pembayaran rekening air online dan ditingkatkan lagi sistim online untuk pemasangan baru.

“Semua ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan guna menghindari pembayaran secara tunai yang berpotensi terjadinya pungli,” tegas Sutedi.

Usai penandatangan itu, Eddie dan Sutedi serta para pejabat kedua BUMD menyaksikan langsung pembayaran pemasangan baru air secara tunai oleh salah seorang pelanggan di teler Bank Sumut lantai 2 sebesar Rp 1.750.000.

Dilanjutkan lagi dengan pembayaran secara online di ATM Bank Sumut di lantai dasar  dengan sistim debit  sebesar Rp 1.750.000 berlangsung dengan lancar.

Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi mengatakan, setelah biaya pasang baru disteor maka 2 atau 3 hari kemudian pemasangan sambungan baru akan dilakukan.

Adapun cara pembayaran Pasang Sambungan Baru Instalasi Air PDAM Tirtanadi Melalui ATM Bank Sumut yaitu :

  • Pilih menu pembayaran
  • Pilih menu PDAM
  • Pilih menu PDAM Tirtanadi kembali.
  • Kemudian muncul permintaan untuk memasukkan nomor registrasi pasang baru PDAM Tirtanadi.
  • Setelah nomor registrasi dimasukkan, akan muncul query yang berisikan informasi tentang tagihan yang akan dibayarkan.
  • Masukkan nilai tagihan yang akan dibayarkan dan tekan “Ya”.
  • Tagihan pemasangan baru instalasi air telah selesai dibayar dan sebagai tanda bukti pembayaran akan muncul slip bukti pembayaran dari ATM. (hms)

 

Print Friendly