Dua Menteri Hadiri Karnaval Pesona Danau Toba 2017

 KARNAVAL TOBA 1: Gubsu Dr. Ir. H Tengku Erry Nuradi, M.Si, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Dan Bupati Toba Samosir Darwin Siagian menyapa masyarakat Toba samosir dari atas mobil karnaval pada kegiatan Karnaval Pesona Danau Toba Tahun 2017 di Balige, Kab Toba samosir minggu 10 september 2017

Gubsu Dr. Ir. H Tengku Erry Nuradi, M.Si, pada kegiatan Karnaval Pesona Danau Toba Tahun 2017 di Balige. (Kanalmedan/HMS)

KANALMEDAN – Karnaval Pesona Danau Toba dilaksanakan kembali di kabupaten Toba Samosir, setelah sebelumnya juga telah dilakukan di tempat yang sama pada tahun 2016.

Hanya saja pada tahun 2016 yang lalu di hadiri Presiden RI Joko Widodo.
Karnaval Pesona Danau Toba Tahun 2017 ini dihadiri dua  Menteri yakni  Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dan pada karnaval tahun ini antusiasme masyarakat terlihat sangat meriah, tidak kalah meriahnya dengan karnaval tahun 2016.
Karnaval Pesona Danau Toba tahun 2017 dilepas dari depan SMA N 1 Balige, Minggu (10/9) oleh Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Sumut Dr Erry Nuradi, Kapolda Sumut dan para bupati sekawasan Danau Toba.  Karnaval finish di Pasar Balige.
Luhut pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dan merupakan salah satu program pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan mengembangkan budaya daerah khususnya dan untuk Indonesia pada umumnya.
“Presiden sendiri meminta supaya kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan di berbagai tempat untuk menarik turis dan mengembagkan budaya kita. Tujuannya untuk mengembangkan budaya kita. Jangan budaya kita hilang karena modereniasi,” ujar Luhut.
Pemerintah sendiri lanjutnya terus berkomitmen untuk meneruskan ini. Ini bisa kita lihat dari keinginan pemerintah menjadikan Bandara Silangit sebagai bandara Internasional.
“Tanggal  8 September 2017 yang lalu Bandara Silangit secara administratif relah resmi menjadi bandara Silangit Internasional. Yag pertama mendarat, saya coba dari Singapura, habya 52 menit. Dan akan diresmikan oleh Presiden direncanakan pada bulan Oktober 2017,” katanya.
Oleh karenanya untuk mendukung dan mempersiapkannya semua pihak khususnya masyarakat dan pemerintah daerah sekawasan Danau Toba harus kompak.
“Tunjukan keramahan. Walaupun selama ini kita orang Batak identik seram dan kasar namun tunjukkan keramahan. Agar wisatawan merasa nyaman. Seluruh pihak harus peran,” ucap Luhut.
Gubsu Dr Ir H T Erry Nuradi Msi kegiatan  karnaval pesona Danau Toba 2017 ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya yang ada khususnya kesenian daerah kabupaten Toba Samosir.
Selain itu lanjutnya merupakan cemeti dan semangat bagi seniman yang lain untuk berkarya lebih baik lagi dalam meningkatkan dan mengapresiasi terhadap seni budaya kabupaten Samosir dalam upaya melestarikan seni budaya daerah yang ada di kabupaten Samosir selain karnaval pesona Danau Toba 2017.
Erry pada kesempatan itu mengharapkan kegiatan-kegiatan seperti karnaval ini bukan hanya di Kabupaten Toba Samosir. Akan lebih banyak kegiatan lainnya yang menunjukkan khas daerahnya khususnya daerah kabupaten sekitar kawasan danau Toba. “Kita harapkan kegiatan-kegiatan serupa dapat dilaksanakan sehingga dapat menjadi anggota pariwisata tahunan di Sumatera Utara,” kata Erry.(HMS)
Print Friendly