Koordinator ‘nBASIS ; Tangkap Aung San Suukyi dan Ashin Wirathu

Shohibul Anshor Siregar
Shohibul Anshor Siregar

KANALMEDAN –  Kejahatan kemanusiaan yang terjadi terhadap etnis  Rohingya di Myanmar sepenuhnya menjadi tanggungjawab Aung San Suukyi dan Ashin Wirathu.

Oleh sebab itu, kedua orang ini wajib segera ditangkap guna diseret ke pengadilan internasional.

Demikian dikatakan Ketua Lembaga Hikmah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara (LHKP – PWMSU), Shohibul Anshor Siregar di Medan, Sabtu, (9/9/2017).

Karena, kata Shohib, tentara dan umat Buddha Myanmar beserta mesin birokrasi pemerintahan di sana sama sekali tidak akan pernah berhenti melakukan kejahatan kemanusiaan terhadap muslim Rohingya hingga semua terbunuh atau terusir dari Myanmar. “Karena itu, jika kedua orang ini tidak segera ditangkap, dunia akan menyaksikan sejarah peradaban kemanusiaan mengalami kemunduran yang sangat parah,” ujarnya.

Koordinator Pengembangan Basis Sosial Inisiatif & Swadaya (‘nBASIS) ini meyakini,  penangkapan kedua orang ini secapatnya juga sangat penting mengingat perlunya akses lembaga – lembaga kemanusiaan dan delegasi berbagai Negara mengulurkan bantuan terhadap Rohingya.

“Selama kedua orang ini tidak ditangkap, badan – badan internasional dan delegasi berbagai Negara yang hendak memberi bantuan kepada Rohingya akan dihalang – halangi dan bahkan diperlakukan buruk oleh para tentara yang mengaku hanya menjalankan perintah,” ungkap ketua DPD IMM Sumut priode 1986 – 1988 ini.

Oleh sebab itu, Shohibul menegaskan, pemerintah Indonesia semestinya tidak lagi berharap penghibaan Aung San Suu Kyi dan Ashin Wirathu agar Rohingya tidak dibunuh.

“Itu diplomasi basi. Darah Rohingya harus berhenti mengucur, dan jalan satu – satunya adalah menangkap orang paling bertanggungjawab di Myanmar,” tegasnya.(Adek)

 

Foto ; Shohibul Anshor Siregar (google)

Print Friendly